PENGARUH VARIABEL MAKRO EKONOMI DAN VOLUME PERDAGANGAN SAHAM TERHADAP INDEKS HARGA SAHAM GABUNGAN (IHSG) DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) TAHUN 2009

Kusumaningsih, Novia (2015) PENGARUH VARIABEL MAKRO EKONOMI DAN VOLUME PERDAGANGAN SAHAM TERHADAP INDEKS HARGA SAHAM GABUNGAN (IHSG) DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) TAHUN 2009. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL_NOVIAKUSUMANINGSIH_11404241031.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Analisis ekonomi perlu dilakukan dalam analisis saham karena terdapat hubungan yang kuat antara apa yang terjadi pada lingkungan ekonomi makro dengan kinerja suatu pasar modal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel makro ekonomi dilihat dari indikator inflasi, kurs/nilai tukar Rupiah terhadap USD, dan BI rate terhadap IHSG. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui pengaruh volume perdagangan saham terhadap IHSG. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Data diolah menggunakan analisis data time series dengan model regresi. Data yang digunakan adalah data sekunder dengan 72 observasi dari Januari 2009-Desember 2014. Pengumpulan data diambil dengan teknik dokumentasi yang bersumber dari website resmi Bank Indonesia dan yahoofinance.com. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel makro ekonomi indikator inflasi dan kurs/nilai tukar Rupiah terhadap USD berpengaruh positif terhadap IHSG dan variabel makro ekonomi indikator BI rate berpengaruh negatif terhadap IHSG. Variabel lain yaitu volume perdagangan saham berpengaruh positif terhadap IHSG. Secara simultan inflasi, kurs, BI rate, dan volume perdagangan saham memiliki pengaruh terhadap IHSG.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Bank dan Perbankan
Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 12 Aug 2015 08:07
Last Modified: 30 Jan 2019 01:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24690

Actions (login required)

View Item View Item