ANALISIS PENGARUH KEMENANGAN PASANGAN JOKO WIDODO-JUSUF KALLA DALAM PILPRES 2014 TERHADAP ABNORMAL RETURN DAN TRADING VOLUME ACTIVITY PADA KELOMPOK SAHAM INDEKS LQ45

Susanti, Annisa (2015) ANALISIS PENGARUH KEMENANGAN PASANGAN JOKO WIDODO-JUSUF KALLA DALAM PILPRES 2014 TERHADAP ABNORMAL RETURN DAN TRADING VOLUME ACTIVITY PADA KELOMPOK SAHAM INDEKS LQ45. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (20MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian event study yang bertujuan untuk mengetahui seberapa besar reaksi pasar modal Indonesia terhadap peristiwa kemenangan pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla dalam Pilpres 2014 dengan menggunakan indikator abnormal return dan trading volume activity pada kelompok saham indeks LQ45. Penelitian ini menggunakan data sekunder berupa data harian harga saham, data harian indeks LQ45, data harian volume perdagangan, dan data harian volume saham yang beredar selama periode tujuh hari sebelum, satu hari saat, dan tujuh hari setelah peristiwa. Hari saat peristiwa yaitu pada tanggal 22 Juli 2014. Penggambilan sampel menggunakan teknik pusposive sampling method. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini dengan cara dokumentasi. Pengujian terhadap hipotesis menggunakan One-Sample t Test dan Paired Sample t-Test. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan signifikan rata-rata abnormal return sebelum dan nilai saat peristiwa serta rata-rata abnormal return setelah dan saat peristiwa. Namun tidak ada perbedaan signifikan rata-rata abnormal return sebelum dengan setelah peristiwa. Terdapat perbedaan signifikan rata-rata trading volume activity sebelum dan saat peristiwa serta rata-rata trading volume activity setelah dan saat peristiwa. Namun tidak ada perbedaan signifikan antara rata-rata trading volume activity sebelum dengan setelah peristiwa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Ilmu Sosial > Ekonomi > Inflasi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 12 Aug 2015 08:07
Last Modified: 30 Jan 2019 01:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24689

Actions (login required)

View Item View Item