Kendala Guru dalam Proses Pembelajaran IPS Kurikulum 2013 di SMP Wilayah Kabupaten Sleman

Yunanto, Rahmat (2015) Kendala Guru dalam Proses Pembelajaran IPS Kurikulum 2013 di SMP Wilayah Kabupaten Sleman. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
SKRIPSI 11416241033.swf - Accepted Version

Download (3MB)
Official URL: http://library.fis.uny.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kendala guru dalam proses pembelajaran IPS Kurikulum 2013 meliputi: (1) kendala perencanaan pembelajaran; (2) kendala pelaksanaan pembelajaran; dan (3) kendala penilaian proses dan hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Populasi penelitian merupakan guru IPS di SMP wilayah Kabupaten Sleman yang menerapkan Kurikulum 2013. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Guru yang menjadi informan penelitian berjumlah 5 orang. Pelaksanaan penelitian berlokasi di SMP N 4 Pakem, SMP N 1 Prambanan, dan SMP N 3 Kalasan. Pengambilan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model interaktif dari Miles dan Huberman. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Kendala guru dalam perencanaan pembelajaran yaitu masih mengalami keterbatasan dalam penguasaan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Penyusunan instrumen penilaian autentik yang akan digunakan untuk penilaian sikap dan keterampilan belum bervariasi karena guru masih mengalami hambatan dalam pembuatannya; (2) Kendala dalam pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan saintifik, yaitu guru masih mengalami hambatan dalam pengaturan waktu dan masih didominasi aspek kognitif. Guru mengalami kendala dalam langkah menanya, sehingga harus mengarahkan siswa supaya pertanyaan yang dibuat sesuai tujuan pembelajaran. Kemampuan guru dalam pembelajaran masih kurang, menjadikan metode pembelajaran yang diterapkan belum bervariasi. Pembelajaran IPS terpadu belum dapat dilaksanakan secara optimal karena dipengaruhi oleh latar belakang pendidikan guru berasal dari ekonomi dan geografi; (3) Kendala dalam penilaian proses pembelajaran terdapat dalam penilaian sikap dan keterampilan KI 1, 2, dan 4. Pelaksanaan penilaian proses belum berjalan secara berkelanjutan. Kata Kunci: Kendala, Kurikulum 2013, Pembelajaran IPS.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 10 Aug 2015 15:01
Last Modified: 26 Oct 2015 07:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24688

Actions (login required)

View Item View Item