STUDI KASUS KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA DI KELAS 3A SD NEGERI REJOWINANGUN 1 TAHUN AJARAN 2014/2015

Riawanti, Ika Fajar (2015) STUDI KASUS KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA DI KELAS 3A SD NEGERI REJOWINANGUN 1 TAHUN AJARAN 2014/2015. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
IKA FAJAR RIAWANTI_11108244048.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecerdasan interpersonal serta faktor yang mempengaruhi kecerdasan interpersonal pada ketiga siswa di kelas 3A SD Negeri Rejowinangun 1. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus dengan tiga subjek siswa kelas 3A, yaitu Y, D, dan R . Objek penelitian ini adalah kecerdasan interpersonal pada siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan, yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga siswa kelas 3A memiliki kecerdasan interpersonal yang kurang. Hal ini ini ditunjukkan dengan adanya karakteristik ketiga siswa masih belum sesuai dengan aspek karakteristik anak yang memiliki kecerdasan interpersonal yang baik. Faktor-faktor yang mempengaruhi kecerdasan interpersonal siswa yang kurang berasal dari lingkungan keluarga, teman sebaya (lingkungan pergaulan), dan sekolah. Kata kunci : kecerdasan interpersonal, sekolah dasar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Aspek Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 12 Aug 2015 08:07
Last Modified: 30 Jan 2019 01:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24680

Actions (login required)

View Item View Item