Riyadi, Hasan (2015) KEEFEKTIFAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK PEMBELAJARAN MENYUSUN TEKS BIOGRAFI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PRAMBANAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
SKRIPSI.pdf Download (41MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan perbedaan kemampuan menyusun teks biografi antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model project based learning dan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan model project based learning (menggunakan model proses menulis). Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk menguji keefektifan model project based learning dalam pembelajaran menyusun teks biografi dibandingkan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan project based learning pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Prambanan. Desain penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan rancangan control group pretest-posttest design. Variabel dalam penelitian ini adalah dua, yaitu variabel bebas berupa model project based learning dan variabel terikat berupa kemampuan menyusun teks biografi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Prambanan. Pengambilan sampel dengan teknik cluster random sampling, diperoleh kelas VIII A sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes menyusun teks biografi. Validitas instrumen yang digunakan adalah validitas isi dengan expert judgement. Penghitungan data dengan menggunakan teknik uji-t. Kesimpulan penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, terdapat perbedaan kemampuan menyusun teks biografi yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model project based learning dengan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan model project based learning (menggunakan model proses menulis) pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Prambanan. Perbedaan dapat diketahui dari uji-t skor tes akhir kelompok eksperimen dan kelompok kontrol diperoleh nilai p sebesar 0,002 sehingga p < taraf signifikansi 0,05 yang berarti signifikan. Kedua, model project based learning terbukti efektif digunakan dalam pembelajaran menyusun teks biografi dibandingkan pembelajaran menyusun teks biorgafi tanpa menggunakan model project based learning siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Prambanan. Efektivitas model project based learning dapat diketahui dari hasil uji-t skor tes awal dan tes akhir kelompok eksperimen diperoleh nilai p sebesar 0,000 sehingga p < taraf signifikansi 0,05 yang berarti signifikan. Gain skor kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol, yaitu 4,84.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia |
Divisions: | Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS |
Date Deposited: | 12 Aug 2015 08:07 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 01:37 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24657 |
Actions (login required)
View Item |