PERBEDAAN KETERAMPILAN MEMBACA AKSARA JAWA ANTARA KELAS YANG MENGGUNAKAN MEDIA KADOWA DAN MEDIA GAMBAR SISWA KELAS IV SD NEGERI I TODANAN BLORA

Ariyanti, Risky Dewi (2015) PERBEDAAN KETERAMPILAN MEMBACA AKSARA JAWA ANTARA KELAS YANG MENGGUNAKAN MEDIA KADOWA DAN MEDIA GAMBAR SISWA KELAS IV SD NEGERI I TODANAN BLORA. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keterampilan membaca aksara Jawa antara kelas yang menggunakan media kadowa dan media gambar siswa kelas IV SD Negeri 1 Todanan Blora. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen quasi dan bentuk desain nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 1 Todanan Blora dengan jumlah 40 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes lisan dan observasi. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes dan pedoman observasi. Uji validitas instrument menggunakan validitas isi dengan dikonsultasikan ke dosen ahli, sedangkan uji reliabilitas instrument menggunakan rumus Alpha Cronbach. Hasil uji coba tes menunjukkan dari 32 soal terdapat 23 butir yang layak dan 9 butir yang tidak layak dengan koefisien reliabilitas 0,97. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan cara membandingkan rata-rata kedua kelas. Berdasarkan hasil analisis deskriptif dapat diketahui bahwa kelas yang menggunakan media kadowa memiliki keterampilan membaca aksara Jawa lebih tinggi daripada kelas yang menggunakan media gambar. Kelas yang menggunakan media kadowa memiliki rata-rata sebesar 74,3, sementara kelas yang menggunakan media gambar memiliki rata-rata sebesar 68,35. Kata kunci: keterampilan membaca aksara jawa, kadowa, gambar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Jawa
Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 12 Aug 2015 08:07
Last Modified: 30 Jan 2019 01:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24652

Actions (login required)

View Item View Item