UPAYA PENINGKATAN KEMATANGAN KARIR MELALUI METODE CAREER PORTFOLIO PADA SISWA KELAS X MIA 1 DI SMA N 1 BOYOLALI

Ayu Rahmawati Prastiwi, Ayu (2015) UPAYA PENINGKATAN KEMATANGAN KARIR MELALUI METODE CAREER PORTFOLIO PADA SISWA KELAS X MIA 1 DI SMA N 1 BOYOLALI. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Ayu Rahmawati Prastiwi_11104244016.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui beberapa hal, yaitu: (1) mengetahui apakah kematangan karir siswa kelas X MIA 1 di SMA N 1 Boyolali dapat meningkat melalui metode career portfolio, (2) mengetahui proses metode career portfolio yang mampu meningkatkan kematangan karir siswa kelas X MIA 1 di SMA N 1 Boyolali. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif jenis penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Metode pengumpulan data menggunakan skala kematangan karir dan observasi. Subjek penelitian yaitu kelas X MIA 1 SMA N 1 Boyolali yang berjumlah 23 siswa. Penelitian ini menggunakan dua siklus. Kriteria keberhasilan yang ditetapkan adalah apabila 75% siswa memiliki kematangan karir yang tinggi. Metode career portfolio digunakan sebagai tindakan untuk meningkatkan kematangan karir siswa kelas X MIA 1. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kematangan karir melalui metode career portfolio. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan hasil skala kematangan karir pada pre-test, post-test siklus I dan siklus II serta hasil observasi. Hasil pre-test menunjukkan terdapat 14 (61%) siswa memiliki kematangan karir rendah, 3 (13%) siswa memiliki kategori kematangan karir sedang, dan 6 (26%) siswa memiliki kematangan karir tinggi dengan rata-rata skor 129,5. Setelah siklus I, diketahui siswa memiliki kematangan karir tinggi meningkat menjadi 16 (74%), 6 (26%) siswa memiliki kematangan karir tinggi. Setelah siklus II, diketahui siswa yang memiliki kematangan karir tinggi meningkat menjadi 18 (78%) dan siswa yang memiliki kematangan karir sedang 5 (22%) dengan rata-rata skor 169,3. Persentase siswa yang memiliki kematangan karir tinggi mencapai 78%. Kata kunci: kematangan karir, career portfolio

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 12 Aug 2015 08:07
Last Modified: 30 Jan 2019 01:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24635

Actions (login required)

View Item View Item