Implementasi Peningkatan Mutu Sekolah Islam Berwawasan Internasional Bina Anak Sholeh Yogyakarta (Studi Kasus di SMP IT BIAS Yogyakarta

Aisyah, Nurul (2015) Implementasi Peningkatan Mutu Sekolah Islam Berwawasan Internasional Bina Anak Sholeh Yogyakarta (Studi Kasus di SMP IT BIAS Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-nurul-aisyah-13703254007.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pelaksanaan peningkatan mutu sekolah di SMP IT BIAS Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian case study. Tempat dan waktu penelitian adalah SMP IT BIAS Yogyakarta, pada bulan Februari 2015 hingga April 2015. Subjek dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, wakil kepala sekolah, tim manajemen BIAS, guru dan orang tua/wali siswa. Pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan kredibilitas dan konfirmabilitas. Analisis data kualitatif melalui tiga tahap meliputi: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) SMP IT BIAS memiliki dua sasaran mutu, yaitu nilai akademik dan akhlaq; (2) SMP IT BIAS telah melakukan perbaikan secara terus menerus dalam mencapai sasarannya, yaitu melalui: komunikasi, pelayanan gizi, pelayanan akademik yang baik, koordinasi, dan membekali peserta didik dengan leadership life skill; (3) pihak sekolah memperhatikan mutu input peserta didik dengan seleksi PSB secara ketat, yaitu dengan: nilai UN, tes IQ, ujian praktek sholat, wudlu, baca Al-Quran, hafalan surat, hafalan doa sehari-hari, dan tes wawancara calon peserta didik dan orang tua/wali; (4) sekolah melakukan pertanggung jawaban kepada orangtua/wali peserta didik dalam meningkatkan mutu yaitu melalui pelaporan perkembangan peserta didik yang dilakukan dua kali dalam satu tahun.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: implementasi peningkatan mutu, SMP IT BIAS Yogyakarta
Subjects: Manajemen
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Aug 2015 08:07
Last Modified: 09 May 2019 02:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24628

Actions (login required)

View Item View Item