ANALISIS SURVIVAL KEJADIAN BERULANG TIDAK IDENTIK DENGAN MODEL COX STRATIFIKASI PWP-TOTAL TIME PADA KASUS KEKAMBUHAN AIDS (Acquired Immunodeficiency Syndrome)

Wisnuwardhani, Andriana and Kusumawati, Rosita and Arliani, Elly (2015) ANALISIS SURVIVAL KEJADIAN BERULANG TIDAK IDENTIK DENGAN MODEL COX STRATIFIKASI PWP-TOTAL TIME PADA KASUS KEKAMBUHAN AIDS (Acquired Immunodeficiency Syndrome). S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (38kB) | Preview

Abstract

Metode Cox Stratifikasi PWP-Total Time adalah salah satu model yang dikemukakan oleh Prentice, William, dan Peterson untuk menganalisis data survival kejadian berulang tidak identik. Penulisan skripsi ini bertujuan untuk menjelaskan prosedur pembentukan model Cox Stratifikasi PWP-Total Time pada kejadian tidak identik dan penerapan model Cox Stratifikasi PWP-Total Time untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kekambuhan penyakit AIDS. Prosedur pembentukan model Cox Statifikasi PWP-Total Time adalah (1) pembentukan waktu survival total time, (2) penaksiran parameter, (3) pemilihan model terbaik dengan prosedur backward, (4) pengujian parameter dengan uji Wald, (5) pengujian asumsi proporsional hazard, (6) stratifikasi variabel kejadian sesuai dengan banyaknya kejadian yang dialami subjek dalam penelitian, (7) penaksiran parameter model Cox Stratifikasi PWP-Total Time mengggunakan metode Maximum Partial Likelihood Estimation (MPLE) pada masing-masing strata, (8) pengujian asumsi model interaksi model Cox Stratifikasi PWP-Total Time,dan (9) interpretasi model Cox Stratifikasi PWP-Total Time. Estimasi parameter model Cox Stratifikasi PWP-Total Time menggunakan metode Maximum Partial Likelihood Estimation (MPLE). Estimasi parameter bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel bebas yang diduga berpengaruh terhadap waktu survival total time, yaitu dengan memaksimalkan fungsi likelihood stratifikasi yang diperoleh dengan mengalikan fungsi partial likelihood dari masing-masing subjek pada tiap strata dengan dibantu oleh software R 3.1.2. Model Cox Stratifikasi PWP-Total Time diterapkan pada kasus kekambuhan penyakit AIDS, data yang diperoleh terdiri dari 400 pasien penderita AIDS dengan variabel bebas umur, terapi, dan kejadian (kekambuhan). Setelah dianalisis, didapatkan variabel yang berpengaruh signifikan terhadap kekambuhan penyakit AIDS, yaitu variabel umur dan variabel terapi. Variabel Umurmeningkatkan risiko kekambuhan AIDS sebesar 1,07 kali dan variabel terapi menurunkan risiko kekambuhan AIDS sebesar 2,6 kali. Kata Kunci: Cox, PWP-Total Time, kejadian berulang, strata, survival, AIDS

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 12 Aug 2015 08:07
Last Modified: 30 Jan 2019 01:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24625

Actions (login required)

View Item View Item