UPAYA MENINGKATKAN PERILAKU PROSOSIAL MELALUI TEKNIK SOSIODRAMA PADASISWA KELAS VII C SMPN 3 NGADIROJO KAB. PACITAN

Miftakhul Bingah, Miftakhul (2015) UPAYA MENINGKATKAN PERILAKU PROSOSIAL MELALUI TEKNIK SOSIODRAMA PADASISWA KELAS VII C SMPN 3 NGADIROJO KAB. PACITAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
1. Skripsi Miftakhul Bingah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan perilaku prososial siswa kelas VII C SMP N 3 Ngadirojo Kabupaten Pacitan dengan menggunakanteknik sosiodrama. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Subyek penelitian ini adalah 10 siswa kelas VII C SMP N 3 Ngadirojo Kabupaten Pacitan. Obyek penelitian ini adalah perilaku prososial siswa yang dilihat dari aspek kerjasama, menolong dan berderma. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Instrumen yang digunakan adalah skala, pedoman observasi dan pedoman wawancara. Indikator keberhasilan peningkatan perilaku prososial yang ditetapkan adalahskor rata-rata mencapai 75%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik sosiodrama dapat meningkatkan perilaku prososial siswa kelas VII C SMP N 3 Ngadirojo.Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus yang masing-masing terdiri atas 3 tindakan. Hasil skor rata-rata pre test sebesar 60,2 atau 50,1% dilanjutkan dengan hasil skor rata-rata post test I adalah 87,3 atau 73% sedangkan skor rata-rata post test II adalah 97,1 atau sebesar 81% yang artinya sudah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditentukan. Hasil tersebut juga didukung dengan hasil observasi dan wawancara yang menunjukkan bahwa siswa menjadi lebih dapatbekerjasama dengan teman lain, mampu menolong teman yang sedang kesusahan dan mau meminjamkan bahkan memberikan barang yang dimiliki kepada teman yang sedang membutuhkan setelah mengikuti tindakansosiodrama Kata kunci: perilaku prososial, teknik sosiodrama, SMP

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 10 Aug 2015 09:45
Last Modified: 30 Jan 2019 01:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24621

Actions (login required)

View Item View Item