PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK PEMBELAJARAN TOPIK LINGKARAN DI SMA

Rika, Nur Yulinda (2007) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK PEMBELAJARAN TOPIK LINGKARAN DI SMA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Abstrak_Media_Lingkaran.pdf

Download (73kB) | Preview

Abstract

Multimedia interaktif menekankan pada aktivitas siswa menggunakan media berbasis komputer dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan multimedia interaktif topik lingkaran, dan (2) mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran topik lingkaran dengan multimedia interaktif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan pendidikan. Multimedia interaktif topik lingkaran dikembangkan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Subjek penelitian ini adalah (1) guru matematika SMA sebanyak 3 orang, (2) siswa kelas XI IPA 5 SMA Negeri 2 Yogyakarta sebanyak 27 siswa, dan (3) siswa kelas X.7 SMA Negeri 1 Sedayu, Bantul sebanyak 20 siswa. Adapun perangkat pembelajaran yang digunakan adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Aktivitas Siswa (LAS). Data diperoleh dari instrumen yang dibuat, yaitu (1) angket pengalaman siswa menggunakan komputer dalam pembelajaran, (2) angket evaluasi media pembelajaran, (3) pedoman wawancara guru, (4) angket tanggapan siswa menggunakan multimedia interaktif dalam pembelajaran topik lingkaran, (5) tes kemampuan awal, dan (6) tes kemampuan akhir. Pengembangan multimedia interaktif topik lingkaran dilakukan sesuai langkah-langkah model ADDIE, yaitu (1) Analysis, meliputi analisis materi, siswa, teknologi, situasi, dan media; (2) Design, meliputi kegiatan penyusunan rancangan pengembangan media dan aktivitas siswa, penyusunan LAS, dan pembuatan flowchart serta bagan media; (3) Development, kegiatan yang dilakukan adalah mengumpulkan komponen media (material collecting), perakitan (assembly), ujicoba multimedia interaktif, dan ujicoba terbatas; (4) Implementation, dilakukan dua tahap. Implementasi tahap pertama bertujuan untuk mengetahui keterbacaan media, sedangkan implementasi tahap kedua bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan multimedia interaktif di sekolah; (5) Evaluation, dilakukan dengan cara mengevaluasi implementasi multimedia interaktif topik lingkaran di sekolah. Pembelajaran topik lingkaran dengan multimedia interaktif dikembangkan melalui langkah-langkah yang disusun pada Lembar Aktivitas Siswa (LAS) yang terdiri atas 14 LAS. Materi yang tercakup dalam Lembar Aktivitas Siswa topik lingkaran meliputi persamaan lingkaran dan garis singgungnya. Pembelajaran topik lingkaran dengan multimedia interaktif dapat meningkatkan skor tes kemampuan akhir siswa terhadap skor tes kemampuan awal sebanyak sembilan siswa atau sebesar 81,82 % dari 11 siswa yang mengikuti implementasi tahap kedua, dan rata-rata skor tes setelah pembelajaran topik lingkaran dengan multimedia interaktif meningkat sebesar 36,4 %. Kata Kunci : pembelajaran topik lingkaran, multimedia interaktif, model ADDIE

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Matematika
Depositing User: Sarwo Hadi ꦱꦼꦠꦾꦤ
Date Deposited: 20 Jul 2012 05:58
Last Modified: 29 Jan 2019 14:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/2462

Actions (login required)

View Item View Item