PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN NON-KEJURUAN DI JURUSAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA

Bentar, Susdatira Falah Anhari (2015) PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN NON-KEJURUAN DI JURUSAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Bentar Susdatira Falah 10505241017.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN NON-KEJURUAN DI JURUSAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA Oleh: Bentar Susdatira Falah Anhari NIM. 10505241017 ABSTRAK Tujuan penelitian ini dirancang untuk mengetahui: (1) kebiasaan belajar siswa program keahlian Teknik gambar Bangunan SMK Negeri 2 Yogyakarta pada mata pelajaran non-kejuruan, (2) prestasi belajar siswa program keahlian Teknik gambar Bangunan SMK Negeri 2 Yogyakarta pada mata pelajaran non-kejuruan, (3) pengaruh kebiasaan belajar siswa program keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Yogyakarta terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran nonkejuruan. Penelitian ini merupakan penelitian kausal asosiatif dengan pendekatan ex post facto. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI sebanyak 166 siswa. Sampel penelitian sebanyak 116 siswa yang ditentukan dengan tabel Krejcie Morgan, selanjutnya sampel tiap kelas ditentukan dengan teknik proportionate stratified random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket tertutup, dan dokumentasi untuk memperoleh nilai rata-rata rapor. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan: (1) kebiasaan belajar siswa termasuk dalam kategori cukup baik dengan persentase terbanyak yaitu 37,93%, (2) prestasi belajar siswa dengan kurikulum 2013 termasuk dalam kategori lulus dengan persentase 100%, prestasi belajar siswa dengan KTSP termasuk dalam kategori lulus dengan persentase 96%, prestasi belajar siswa secara bersama-sama termasuk dalam dalam interval 2,769 – 2,877, (4) kebiasaan belajar siswa memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa program keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Yogyakarta berdasarkan thitung = 3,301 > harga ttabel = 1,661 dan nilai signifikansi 0,001 < taraf signifikansi 0,05 Kata kunci: kebiasaan belajar, prestasi Belajar, SMK N 2 Yogyakarta

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 10 Aug 2015 09:37
Last Modified: 30 Jan 2019 01:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24613

Actions (login required)

View Item View Item