Faktor-faktor yang Berpengaruh terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa di SMA Se-Kecamatan Bantul

Yunianta, Rohmat Dwi (2015) Faktor-faktor yang Berpengaruh terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa di SMA Se-Kecamatan Bantul. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-rohmat-dwi-yunianta-13706251034.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi prestasi belajar bahasa Indonesia siswa SMA se-Kecamatan Bantul baik secara parsial, dan (2) menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi prestasi belajar bahasa Indonesia siswa SMA se-Kecamatan Bantul secara simultan. Faktor yang berpengaruh adalah motivasi belajar, kekondusifan lingkungan, fasilitas belajar. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan metode ex-post facto. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportional stratified random sampling. Populasi penelitian sebesar 470 siswa kelas X SMA se-Kecamatan Bantul. Sampel penelitian sebesar 202 siswa kelas X SMA se-Kecamatan Bantul. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi nilai. Pengukuran validitas instrumen menggunakan validitas product moment correlation. Uji reliabilitas menggunakan Cronbach Alpha. Data dianalisis dengan regresi dengan bantuan program komputer SPSS versi 17.00 for windows. Hasil analisis menggambarkan bahwa nilai rata-rata prestasi belajar bahasa Indonesia siswa SMA se-Kecamatan Bantul adalah 74,76; skor motivasi belajar adalah 56,64; kekondusifan lingkungan 52,55; dan fasilitas belajar adalah 44,30. Hasil analisis regresi parsial menunjukkan bahwa motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia, kekondusifan lingkungan memiliki pengaruh signifikan terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia, dan fasilitas juga memiliki pengaruh signifikan terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia. Hasil analisis regresi ganda menunjukkan hasil uji F sebesar 5,362 dan besar signifikansi adalah 0,001 pada probabilitas 5% yang berarti secara bersama-sama motivasi belajar, kekondusifan lingkungan, dan fasilitas belajar berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia dengan kontribusi efektif sebesar 28,3%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Prestasi belajar, bahasa indonesia, SMA Se-kecamatan bantul
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 10 Aug 2015 09:45
Last Modified: 14 Nov 2022 08:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24607

Actions (login required)

View Item View Item