Pengaruh Kreativitas Guru, Minat, dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas VIII SMP

Theresa, Maria (2015) Pengaruh Kreativitas Guru, Minat, dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas VIII SMP. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-maria-theresa-13706251015.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu seberapa besar pengaruh kreativitas, minat, dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar pelajaran bahasa Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh signifikansi antara kreativitas guru, minat, dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar pelajaran Bahasa Indonesia siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif Ex Post Facto. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII SMPN 2 Ngaglik Sleman Yogyakarta dan SMPN 3 Ngaglik Sleman Yogyakarta. Adapun penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober sampai bulan Desember 2014. Subjek penelitian pada penelitian ini berjumlah 129 responden yang terdiri dari siswa kelas VIII SMPN 2 Ngaglik dan SMPN 3 Ngaglik Sleman Yogyakarta tahun ajaran 2014/2015. Variabel yang diteliti adalah kreativitas guru, minat dan motivasi belajar siswa serta hasil belajar pelajaran Bahasa Indonesia. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi dan kuesioner atau angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deksriptif (a) mean, median modus, dan standar deviasi (b) tabel kecendrungan variabel, dan (c) pie chart. Validitas instrumen menggunakan Corrected Item-Total Correlation. Kemudian reliabilitas instrumen menggunakan Gutman Split-Half Coefficient. Pengujian hipotesis menggunakan regresi linear sederhana dan regresi ganda menggunakan program SPSS versi 20. Hasil penelitian ini menunjukkan: (a) terdapat pengaruh yang signifikan antara kreativitas guru terhadap hasil belajar pelajaran Bahasa Indonesia siswa yaitu kreativitas guru<taraf signifikansi atau 0,000<0,05, dengan persamaan regresi Ŷ= 11,556 + 0,740X1, (b) terdapat pengaruh yang signifikan antara minat belajar siswa terhadap hasil belajar pelajaran Bahasa Indonesia siswa yaitu minat siswa<taraf signifikan atau 0,000<0,05 dengan persamaan regresi Ŷ= 14,914 + 0,881X2, (c) terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar pelajaran Bahasa Indonesia siswa yaitu motivasi siswa<taraf signifikan atau 0,000<0,05 dengan persamaan regresi Ŷ= 16,270 + 0,874X3, dan (d) terdapat pengaruh yang signifikan antara kreativitas guru, minat dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar pelajaran Bahasa Indonesia siswa yaitu kreativitas guru 0,000, minat belajar siswa 0,000, motivasi belajar siswa 0,012 dibandingkan dengan nilai taraf signifikan 0,05, menjadi kreativitas guru 0,000<0,05, minat belajar siswa 0,000<0,05, motivasi belajar siswa 0,012<0,05 dengan persamaan regresi ganda Ŷ= -17,523 + 0,211X1 + 0,457 X2 + 0,293 X3.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kreativitas guru, minat, dan motivasi belajar siswa, hasil belajar pelajaran Bahasa Indonesia
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 10 Aug 2015 09:45
Last Modified: 14 Nov 2022 06:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24603

Actions (login required)

View Item View Item