EFEKTIVITAS PENGGUNAAN PROGRAM APLIKASI EWB (ELECTRONICS WORKBENCH) D A N K O M P O N E N I C L O G I K A PADA PEMBELAJARAN ELEKTRONIKA DIGITAL PADA KELAS XI TAV DI SMK KSATRIAN PURWOKERTO

Bayu, Adi Kurniawan (2015) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN PROGRAM APLIKASI EWB (ELECTRONICS WORKBENCH) D A N K O M P O N E N I C L O G I K A PADA PEMBELAJARAN ELEKTRONIKA DIGITAL PADA KELAS XI TAV DI SMK KSATRIAN PURWOKERTO. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Bayu Adi Kurniawan 07502241024.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN PROGRAM APLIKASI EWB (ELECTRONICS WORKBENCH) D A N K O M P O N E N I C L O G I K A PADA PEMBELAJARAN ELEKTRONIKA DIGITAL PADA KELAS XI TAV DI SMK KSATRIAN PURWOKERTO Oleh : Bayu Adi Kurniawan NIM : 07502241024 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan program aplikasi EWB (Electronics Workbench) yang dikombinasikan dengan penggunaan IC logika pada pembelajaran elektronika digital dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI teknik audio video SMK Ksatrian Purwokerto. Penelitian yang dilakukan dengan metode Quasi Experimental dan desain Nonequivalent Control Group ini bertujuan untuk mengetahui akibat dari suatu perlakuan dalam proses pembelajaran. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Audio Video tahun ajaran 2014/2015 sebanyak 76 siswa yang terbagi dalam 2 kelas dimana setiap kelas terdiri dari 38 siswa. populasi penelitian diambil dengan teknik sample random sampling yaitu 2 kelas yang terdiri dari 30 siswa per kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pre-test dan posttest. Validasi instrumen penelitian ini adalah melalui pendapat para ahli (expert judgment) kemudian di uji cobakan melalui pretest pada siswa kelas XI SMK Ksatrian Purwokerto. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data hasil penelitian adalah dengan uj ti-test melalui program SPSS versi 22. Berdasarkan hasil belajar diketahui bahwa kelompok eksperimen lebih baik dari kelompok kontrol, hal ini dilihat pada nilai ratarata kedua kelompok, dimana rata-rata kelompok eksperimen post-test 61.73, sedangkan nilai rata-rata kelompok kontrol posttest 56.33. Walaupun demikian hipotesis yang berbunyi penggunaan program aplikasi Electronics Workbench (EWB) lebih efektif dibanding dengan pembelajaran yang hanya menggunakan IC logika sebagai media belajar tidak diterima, karena hasil ketuntasan belajar pada kelompok eksperimen tidak mencapai 65% dan hanya mencapai 26,67 % karena kurangnya waktu saat proses pembelajaran dimana waktu yang diberikan hanya dua kali pertemuan dengan sekali pertemuan 4 jam pelajaran faktor lain yang mempengaruhi hasil belajar adalah seperti kemampuan siswa dalam menyerap pembelajaran, sifat siswa yang ingin tahu, kualitas pengajaran guru. Keyword: Efektivitas, EWB, Quasi Eksperimen

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 07 Aug 2015 09:53
Last Modified: 30 Jan 2019 01:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24567

Actions (login required)

View Item View Item