PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 BANDONGAN TAHUN AJARAN 2012/2013

Pusparani, Raharjanti Fitriana (2015) PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 BANDONGAN TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh Lingkungan Sekolah terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Bandongan Tahun Ajaran 2012/2013; (2) Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Bandongan Tahun Ajaran 2012/2013; (3) Pengaruh Lingkungan Sekolah dan Motivasi Belajar secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Bandongan Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ex-post facto ini menggunakan populasi penelitian siswa kelas XI IPS yang ada di SMA Negeri 1 Bandongan tahun ajaran 2012/2013 berjumlah 106 siswa. Uji coba instrumen dilaksanakan pada 30 responden siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Mertoyudan. Pengumpulan data Lingkungan Sekolah dan Motivasi Belajar dengan teknik angket, sedangkan data Prestasi Belajar Akuntansi diperoleh dari teknik dokumentasi. Sebelum analisis data terlebih dahulu diadakan pengujian persyaratan analisis meliputi uji linieritas dan multikolinieritas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknis analisis regresi sederhana untuk hipotesis 1 dan 2, sedangkan teknik analisis regresi ganda untuk hipotesis 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan Lingkungan Sekolah terhadap Prestasi Belajar Akuntansi dibuktikan dengan rx1y = 0,259, harga r2 x1y = 0,067 dan thitung 2,743 > ttabel 1,983; (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi ditunjukkan dengan rx2y = 0,282, harga r2 x2y = 0,080 dan thitung 2,999 > ttabel 1,983; (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan Lingkungan Sekolah dan Motivasi Belajar secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi ditunjukkan dengan Ry(1,2) = 0,357, R2 y(1,2) = 0,128 dan Fhitung 7,541 > Ftabel 3,08. Penelitian ini menunjukkan besarnya Sumbangan Relatif (SR) Lingkungan Sekolah sebesar 41,68%, Sumbangan Relatif (SR) Motivasi Belajar sebesar 58,32%, dan Sumbangan Efektif total sebesar 12,80% terdiri dari Sumbangan Efektif (SE) Lingkungan Sekolah sebesar 5,34% dan Sumbangan efektif (SE) Motivasi Belajar sebesar 7,46%. Dengan demikian, keseluruhan hasil analisis ini mendukung hipotesis yang diajukan. Kata Kunci: Prestasi Belajar Akuntansi, Lingkungan Sekolah, Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 07 Aug 2015 09:36
Last Modified: 30 Jan 2019 01:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24551

Actions (login required)

View Item View Item