Evaluasi Program Pembinaan Prestasi Cabang Olahraga Bola Voli Pantai di Provinsi Nusa Tenggara Barat dan Daerah Istimewa Yogyakarta

Irmansyah, Johan (2015) Evaluasi Program Pembinaan Prestasi Cabang Olahraga Bola Voli Pantai di Provinsi Nusa Tenggara Barat dan Daerah Istimewa Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-johan-irmansyah-13711251071.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasipelaksanaan program pembinaan prestasi cabang olahraga bola voli pantai di provinsi Nusa Tenggara Barat dan Daerah Istimewa Yogyakarta dengan menggunakan model evaluasi CIPP (Contexs, Input, Process, Product). Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi. Subjek penelitian ini adalah atlet, pelatih, orang tua atlet, pengurus PBVSI NTB dan DIY, pengurus KONI dalam bidang pembinaan prestasi yang jumlah keseluruhannya59 orang. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaituanálisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan hasil evaluasi program pembinaan prestasi cabang olahraga bola voli pantai di provinsi Nusa Tenggara Barat masih kurang baik dan di Daerah Istimewa Yogyakarta sudah berjalan dengan baik. Pada evaluasi program pembinaan prestasi di NTB, dari segi contexs sudah berjalan dengan baik. Dari segi input masih kurang baik dikarenakan sarana dan prasarana di NTB masih sangat kurang. Begitu juga dengan pendanaan yang belum tersalurkan secara menyeluruh, walaupun dalam segi input terdapat pelatih, atlet dan dukungan orang tua sudah sesuai dengan yang diharapkan. Dari segi process masih sangat kurang dikarenakan pelaksanaan program pembinaan dan monev (monitoring dan evaluasi) belum terlaksana sesuai dengan ketentuan, walaupun pelaksanaan program latihannya sudah berjalan dengan baik. Dari segi product secara garis besar prestasi yang diraih sudah baik, dapat dilihat dari hasil dokumentasi prestasi-prestasi yang pernah diraih oleh atlet-atlet NTB.Sedangkan di DIY, evaluasi program pembinaan prestasi dari segi contexs sudah berjalan dengan baik. Dari segi input sudah berjalan dengan baik, dapat dilihat dari kerjasama antara pengurus, pelatih, atlet dan orang tua atlet untuk memajukan voli pantai di DIY. Dari segi process sudah berjalan dengan sangat baik, dukungan yang positif telah diberikan oleh pemerintah daerah maupun provinsi dalam pelaksanaan program latihan dan program pembinaan, begitu juga dengan monev (monitoring dan evaluasi) yang dilakukan oleh pengurus PBVSI DIY sudah berjalan dengan sangat baik. Dari segi product secara garis besar prestasi yang diraih sudah baik, dapat dilihat dari hasil dokumentasi prestasi-prestasi yang pernah diraih atlet-atlet DIY.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi program, pembinaan prestasi, dan bola voli pantai
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 06 Aug 2015 12:44
Last Modified: 09 May 2019 02:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24523

Actions (login required)

View Item View Item