PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VMWARE WORKSTATION DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN ADMINISTRASI SERVER KELAS XI TEKNIK KOMPUTER JARINGAN DI SMK SE-KABUPATEN KULON PROGO

Ramdan, Subagyo (2015) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VMWARE WORKSTATION DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN ADMINISTRASI SERVER KELAS XI TEKNIK KOMPUTER JARINGAN DI SMK SE-KABUPATEN KULON PROGO. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Ramdan Subagyo 10502241031 Belum.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VMWARE WORKSTATION DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN ADMINISTRASI SERVER KELAS XI TEKNIK KOMPUTER JARINGAN DI SMK SE-KABUPATEN KULON PROGO Oleh : Ramdan Subagyo NIM. 10502241031 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh media pembelajaran berbasis vmware workstation terhadap prestasi belajar (2) pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar (3) pengaruh media pembelajaran berbasis vmware workstation dan motivasi belajar secara bersamasama terhadap prestasi belajar mata pelajaran administrasi server kelas XI Teknik Komputer Jaringan di SMK se-kabupaten Kulon Progo. Penelitian ini merupakan jenis penelitian expost facto. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI Teknik Komputer Jaringan di SMK se-kabupaten Kulon Progo sebanyak 92 siswa. Teknik pengumpulan data untuk variabel media pembelajaran berbasis vmware workstation dan motivasi belajar menggunakan angket, sedangkan variabel prestasi belajar siswa menggunakan dokumentasi hasil belajar semester genap. Analisa data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif data untuk mengetahui gambaran variabel, analisis regresi sederhana dan regresi ganda untuk mengetahui pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Hasil penelitian diketahui bahwa : (1) terdapat pengaruh positif antara media pembelajaran berbasis vmware workstation terhadap prestasi belajar dengan kontribusi sebesar 29,7%, (2) terdapat pengaruh positif antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar dengan kontribusi sebesar 24,4%, (3) terdapat pengaruh positif antara media pembelajaran berbasis vmware workstation dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar dengan kontribusi sebesar 30,2%. Kata kunci : media pembelajaran berbasis vmware workstation, motivasi belajar, prestasi belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 06 Aug 2015 11:38
Last Modified: 30 Jan 2019 01:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24521

Actions (login required)

View Item View Item