PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATERI FLIP-FLOP PADA MATA PELAJARAN TEKNIK ELEKTRONIKA DASAR UNTUK PESERTA DIDIK KELAS X TEKNIK ELEKTRONIKA INDUSTRI DI SMK NEGERI 2 PURWOKERTO

Rahmat, Widadi (2015) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATERI FLIP-FLOP PADA MATA PELAJARAN TEKNIK ELEKTRONIKA DASAR UNTUK PESERTA DIDIK KELAS X TEKNIK ELEKTRONIKA INDUSTRI DI SMK NEGERI 2 PURWOKERTO. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Rahmat Widadi 11502241013 Belum.pdf

Download (30MB) | Preview

Abstract

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATERI FLIP-FLOP PADA MATA PELAJARAN TEKNIK ELEKTRONIKA DASAR UNTUK PESERTA DIDIK KELAS X TEKNIK ELEKTRONIKA INDUSTRI DI SMK NEGERI 2 PURWOKERTO Oleh: Rahmat Widadi NIM. 11502241013 ABSTRAK Penelitian ini memiliki tujuan: (1) mengembangkan media pembelajaran interaktif materi flip-flop pada mata pelajaran Teknik Elektronika Dasar untuk peserta didik kelas X Teknik Elektronika Industri di SMK Negeri 2 Purwokerto dengan menggunakan software Adobe Flash CS6; (2) mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran interaktif materi flip-flop pada mata pelajaran Teknik Elektronika Dasar untuk peserta didik kelas X Teknik Elektronika Industri di SMK Negeri 2 Purwokerto yang telah dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model pengembangan Alessi dan Trollip. Prosedur pengembangan terdiri dari tiga tahapan, yaitu perencanaan (planning), desain (design), dan pengembangan (development). Pengujian kelayakan media pembelajaran interaktif untuk alpha testing dilakukan oleh tiga orang ahli materi dan tiga orang ahli media, selanjutnya pada beta testing diujicobakan kepada tiga puluh lima peserta didik kelas X Teknik Elektronika Industri di SMK Negeri 2 Purwokerto. Media pembelajaran interaktif materi flip-flop yang telah dikembangkan menjelaskan cara kerja empat jenis flip-flop yaitu flip-flop RS, flip-flop D, flip-flop JK, dan flip-flop T. Pada tahap alpha testing, hasil penilaian kelayakan media pembelajaran interaktif ahli materi 85 % berkategori sangat layak sedangkan hasil penilaian ahli media 87,88 % berkategori sangat layak. Pada tahap beta testing, penilaian media pembelajaran interaktif peserta didik 82,5 % berkategori sangat layak. Berdasarkan hasil pengujian tersebut maka media pembelajaran interaktif materi flip-flop yang dikembangkan sangat layak digunakan sebagai alternatif bahan ajar pada mata pelajaran Teknik Elektronika Dasar. Kata kunci: Media Pembelajaran Interaktif, Flip-flop, Teknik Elektronika Indusutri.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 06 Aug 2015 11:35
Last Modified: 30 Jan 2019 01:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24516

Actions (login required)

View Item View Item