PENGGUNAAN METODE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MEMPERBAIKI SISTEM PENERIMA TELEVISI SISWA KELAS XI TEKNIK AUDIO VIDEO DI SMK PN 2 PURWOREJO

Astri, Widiyanti (2015) PENGGUNAAN METODE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MEMPERBAIKI SISTEM PENERIMA TELEVISI SISWA KELAS XI TEKNIK AUDIO VIDEO DI SMK PN 2 PURWOREJO. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
ASTRI WIDIYANTI 11502241003 Belum.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

PENGGUNAAN METODE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MEMPERBAIKI SISTEM PENERIMA TELEVISI SISWA KELAS XI TEKNIK AUDIO VIDEO DI SMK PN 2 PURWOREJO Oleh: Astri Widiyanti NIM. 11502241003 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar penggunaan metode STAD dalam meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran memperbaiki sistem penerima televisi kelas XI Teknik Audio Video SMK PN 2 Purworejo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan desain Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian ini terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan tahap refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI jurusan Teknik Audio Video dengan jumlah 23 siswa. Penelitian ini dilakukan dengan tiga siklus, setiap siklus terdapat dua kali pertemuan. Setiap akhir siklus terdapat post test dan tes ketrampilan siswa. Penelitian ini diawali dengan kegiatan pra penelitian dan pelaksanaan menggunakan metode STAD tiap siklus terdiri dari tahap presentasi materi, tim, kuis, skor kuis, dan tahap rekognisi tim. Pengamatan keaktifan serta prestasi belajar siswa diamati melalui lembar observasi, tes serta dokumentasi belajar siswa. Refleksi digunakan untuk mengevaluasi kekurangan dari tiap siklus untuk dilakukan perbaikan pada siklus berikutnya. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode STAD dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran memperbaiki sistem penerima televisi di SMK PN 2 Purworejo. Hal tersebut dapat dilihat dari adanya peningkatan keaktifan belajar siswa pada siklus I rata-rata prosentase keaktifan belajar sebesar 45,22%, kemudian meningkat pada siklus II sebesar 65,58% dan pada siklus III meningkat menjadi 85,45%. Selain itu metode STAD juga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Pada observasi awal rata-rata nilai siswa sebesar 71,22%, kemudian meningkat pada siklus I dengan rata-rata nilai sebesar 74,57%, siklus II juga meningkat sebesar 77,50%, dan pada siklus III rata-rata nilai siswa meningkat menjadi 81,36%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 06 Aug 2015 10:56
Last Modified: 30 Jan 2019 01:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24502

Actions (login required)

View Item View Item