PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN ADOBE FLASH CS3 UNTUK MENDUKUNG PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA

CHRISMA, WARSITA (2013) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN ADOBE FLASH CS3 UNTUK MENDUKUNG PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 08406244030.pdf

Download (40MB) | Preview

Abstract

Banyak guru sejarah yang belum menggunakanmedia pembelajaran, apalagi media interaktif,ini membuat pembelajaran cenderung monoton, kurang menarik, dan membosankan. Maka penelitian ini bertujuan : (1) menghasilkan produk berupa media pembelajaran dengan Adobe Flash CS3 untuk mendukung pembelajaran sejarah di SMA, (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran dengan Adobe Flash CS3untuk mendukung pembelajaran sejarah bagi di SMA. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). Penelitian ini dilakukan di SMA 1 Prambanan, Sleman pada kelas XI IPS 2 dengan beberapa tahap (1) Identifikasi masalah, (2) Proses pengembangan produk, terdapat dua tahap yaitu tahap (a) pengembangan materi, yaitu masuknya pengaruh Islam di Indonesia, (b) pengembangan media dengan Adobe Flash CS3, (3) Produk awal, (4) Uji ahli materi dan ahli media pembelajaran, (5) Revisi, (6) Uji coba prod uk, (7) Revisi produk akhir, (8) Produk akhir. Teknik pengampulan data pada penelitian ini menggunakan angket, dengan tujuan untuk menentukan kelayakan media pembelajaran. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif yang diungkapkan dalam distribusi skor dan persentase terhadap kategori skala penilaian yang telah ditentukan. Hasil pembuatan media pembelajaran dengan Adobe Flash CS3 adalah berupa pengembangan materi dan pengembangan media. Hasil dari pengembangan materi berupa bahan materi masuknya pengaruh Islam di Indonesia. Hasil dari pengembangan media adalah berupa media berbantuan komputer yang dibuat dengan softwareAdobe Flash CS3. Hasil uji kelayakan terhadap media pembelajaran dengan Adobe Flash CS3 menurut ahli materi adalah sebesar 83,3 %. Hasil tersebut termasuk dalam kategori sangat baik. Penilaian menurut ahli media, adalah sebesar 69,3%. Hasil tersebut termasuk dalam kategori baik. Penilaian menurut guru pengampu memperoleh 76,9 %. Hasil tersebut termasuk dalam kategori sangat baik. Penilaian menurut siswa, adalah sebesar 82,1 %. Hasil tersebut termasuk dalam kategori sangat baik. Jumlah keseluruhan rerata adalah 77,9 % dengan kategori sangat baik. Dengan demikian, berdasarkan hasil uji ahli materi, ahli media pembelajaran, guru pengampu dan uji coba produk, bahwa media pembelajaran dengan Adobe Flash CS3 untuk mendukung pembelajaran sejarah dinyatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran pendukung pembelajaran sejarah pada materi masuknya pengaruh Islam di Indonesia. Kata kunci : pengembangan, media pembelajaran, Adobe Flash CS3

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Admin Pendidikan Geografi FIS
Date Deposited: 06 Aug 2015 12:44
Last Modified: 30 Jan 2019 01:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24496

Actions (login required)

View Item View Item