UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP KESEBANGUNAN BANGUN DATAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE INQUIRY BAGI SISWA KELAS IX SMP NEGERI 3 MAOSPATI

Rahmawati, Dita Heppi (2010) UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP KESEBANGUNAN BANGUN DATAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE INQUIRY BAGI SISWA KELAS IX SMP NEGERI 3 MAOSPATI. S1 thesis, UNY.

[img] Text
UPAYA_MENINGKATKAN_PEMAHAMAN_KONSEP_KESEBANGUNAN_BANGUN_DATAR_PADA_MATA_PELAJARAN_MATEMATIKA_MELALUI_METODE_INQUIRY_BAGI_SISWA_KELAS_IX_SMP_NEGERI_3_MAOSPATI.doc

Download (23kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan proses pembelajaran matematika siswa kelas IX SMP Negeri 3 Maospati dengan metode inquiry dapat meningkatkan pemahaman konsep kesebangunan bangun datar, (2) menunjukkan ada atau tidak ada peningkatan aspek-aspek pemahaman konsep kesebangunan bangun datar siswa kelas IX SMP Negeri 3 Maospati setelah mengikuti pembelajaran matematika menggunakan metode inquiry. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Penelitian ini dilaksanakan secara kolaboratif antara guru matematika kelas IX SMPN 3 Maospati dan peneliti. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IXE SMPN 3 Maospati yang berjumlah 40 siswa. Data penelitian diperoleh dari hasil observasi, tes, catatan lapangan, dokumentasi, serta wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan metode inquiry dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa, dengan melakukan fase-fase berikut ini: (1) Guru menghadapkan siswa pada masalah; (2) Guru meminta siswa merumuskan hipotesis; (3) Guru meminta siswa mengumpulkan data; (4) Guru meminta siswa menguji hipotesis; (5) Guru membimbing siswa dalam merumuskan kesimpulan. Setelah dilakukan pembelajaran matematika dengan menggunakan metode inquiry, pemahaman konsep matematika siswa kelas IX SMPN 3 Maospati mengalami peningkatan dan telah mencapai kategori baik. Hal ini ditunjukkan: (1) Nilai rata-rata kelas mengalami peningkatan, yaitu sebesar 60,63 pada siklus I menjadi 70,65 pada siklus II; (2) Persentase rata-rata tiap indikator pemahaman konsep kesebangunan bangun datar mengalami peningkatan, rata-rata persentase siswa dalam menyatakan ulang sebuah konsep kesebangunan mengalami peningkatan, yaitu sebesar 57,65% pada siklus I menjadi 64,81% pada siklus II, rata-rata persentase siswa dalam mengklasifikasikan objek menurut sifat-sifat tertentu sesuai dengan konsep kesebangunan mengalami peningkatan, yaitu sebesar 69,69% pada siklus I menjadi 75,37% pada siklus II, rata-rata persentase siswa dalam memilih contoh dan bukan contoh dari konsep kesebangunan mengalami peningkatan, yaitu sebesar 69,25% pada siklus I menjadi 84,50% pada siklus II, dan rata-rata persentase siswa dalam menunjukkan syarat perlu atau syarat cukup dari suatu konsep kesebangunan mengalami peningkatan, yaitu sebesar 52,91% pada siklus I menjadi 64,84% pada siklus II.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor Pendidikan Matematika
Date Deposited: 20 Jul 2012 05:58
Last Modified: 29 Jan 2019 14:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/2449

Actions (login required)

View Item View Item