KEMATANGAN EMOSI PADA SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI I SEDAYU BANTUL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015

ZAKARIA, ZAKARIA (2015) KEMATANGAN EMOSI PADA SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI I SEDAYU BANTUL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat kematangan emosi pada siswa kelas XISMA Negeri 1 Sedayu. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Sedayu. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sedayu yang berjumlah 341 siswa yang terbagi menjadi 9 kelas.Penelitian ini menggunakan teknik proporsional random sampling dengan jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 172 orang.Teknik pengumpulan data menggunakan skala tertutup.Uji coba instrument menggunakan Uji validitas menggunakan rumus Korelasi Product Moment dari Karl Pearson dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha dari Chornbach.Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitaf deskriptif. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang dikemukakan sebelumnya dapat diambil kesimpulan bahwa sebagian besar kematangan emosi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sedayu dalam kategori sedang, artinya sebanyak 102 siswa (59,3%). Sisanya berada pada kategori tinggi sebanyak 24 siswa (16,9%) dan kategori rendah sebanyak 41 siswa (23,8%). Artinya siswa telah mampu mengendalikan emosi dalam dirinya dengan baik meskipun belum optimal .Hal ini ditunjukan dengan kemampuan siswa yang baik dalam hal sikap belajar, rasa tanggung jawab, kemampuan untuk berkomunikasi secara efektif, dan kemampuan untuk menjalin hubungan social.Substansi kematangan emosi dalam penelitian ini antara lain : 1) Aspek sikap untuk belajar sebagian besar siswa masuk dalam kategori sedang yaitu sebanyak 84 siswa (48,8%). Sisanya dalam kategori tinggi sebanyak 35 siswa (20,3%) dan rendah sebanyak 53 siswa (30,8%). 2) Aspek rasa tangung jawab sebagaian besar dalam kategori sedang yaitu sebanyak 70 siswa (40,7%) dan sisanya dalam kategori tinggi sebanyak 50 siswa (29,1%) dan rendah sebanyak 52 siswa (30,2%). 3) Aspek kemampuan berkomunikasi dengan efektif sebagian besar dalam kategori sedang yaitu sebanyak 81 siswa (47,1%) sisanya dalam kategori tinggi sebanyak 51 siswa (29,7%) dan rendah sebanyak 40 siswa (23,3%). 4) Aspek kemampuan menjalin hubungan sosial dengan orang lain sebagian besar siswa memiliki kemampuan menjalin hubungan social dalam kategori sedang yaitu sebanyak 88 siswa (51,2%) sisanya dalam kategori tinggi sebanyak 63 siswa (36,6%) dan rendah sebanyak 21 orang (12,2%). Kata kunci :kematangan emosi, siswakelas XI

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 06 Aug 2015 12:44
Last Modified: 30 Jan 2019 01:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24488

Actions (login required)

View Item View Item