PENGEMBANGAN MODUL ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) “PERUBAHAN KENAMPAKAN BUMI DAN BENDA LANGIT” BAGI SISWA KELAS IV SD NEGERI SINDUADI 2, SLEMAN

Istanti, Vanti (2015) PENGEMBANGAN MODUL ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) “PERUBAHAN KENAMPAKAN BUMI DAN BENDA LANGIT” BAGI SISWA KELAS IV SD NEGERI SINDUADI 2, SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
VANTI ISTANTI_11105241032.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran IPA tentang “Perubahan Kenampakan Bumi dan Benda Langit” yang layak bagi siswa kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian pengembangan ini mengadaptasi dan memodifikasi langkahlangkah penelitian dan pengembangan Borg and Gall. Langkah yang ditempuh dalam penelitian pengembangan ini yaitu: 1) penelitian dan pengumpulan data, 2) perencanaan, 3) pengembangan draf produk, 4) uji coba lapangan awal, 5) merevisi hasil uji coba awal, 6) uji coba lapangan, 7) penyempurnaan produk akhir. Subjek uji coba penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Sinduadi 2, dengan dua tahap pelaksanaan uji coba yaitu uji coba lapangan awal dengan 3 subjek, dan uji coba lapangan dengan 10 subjek. Teknik dan pengumpulan data mengggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan angket.Analisis data menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Penelitian menggunakan tahapan penelitian dan pengembangan model Borg and Gall yang telah dimodifikasi menjadi tujuh langkah. Hasil penelitian menunjukkan penilaian dari ahli materi dengan rata-rata skor 4,32 dengan kriteria sangat baik dan penilaian dari ahli media mendapatkan hasil rerata 4,71 dengan kriteria sangat baik. Hasil penilaian pada uji coba lapangan awal mendapatkan persentase 92,59% dengan kriteria layak dan hasil uji coba lapangan diperoleh persentase 98,89% dengan kriteria layak. Sehingga secara keseluruhan modul IPA materi Perubahan Kenampakan Bumi dan Benda Langit layak digunakan sebagai bahan ajar yang dapat digunakan secara mandiri oleh siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 31 Jul 2015 01:25
Last Modified: 30 Jan 2019 01:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24387

Actions (login required)

View Item View Item