PENGEMBANGAN E-LEARNING BERBASIS MOODLE PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) BAGI SISWA KELAS V SD NEGERI KOTAGEDE 1

Dwi Basuki, Ginanjar (2015) PENGEMBANGAN E-LEARNING BERBASIS MOODLE PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) BAGI SISWA KELAS V SD NEGERI KOTAGEDE 1. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
GINANJAR DWI BASUKI_11105241019.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk Elearning berbasis moodle pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam yang layak bagi siswa kelas V di SD Negeri Kotagede 1 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development). Proses penelitian pengembangan ini dilaksanakan dengan beberapa tahapan yang diadopsi dari model penelitian pengembangan Borg & Gall. Adapun langkah-langkah tersebut yaitu: Penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan penelitian, pengembangan produk awal, uji lapangan awal yang melibatkan 4 siswa, revisi hasil uji lapangan awal, uji lapangan lebih luas melibatkan 8 siswa, revisi uji lapangan, uji kelayakan yang melibatkan 26 siswa, dan revisi hasil kelayakan Subjek uji coba dalam penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Kotagede 1 Yogyakarta. Data dikumpulkan melalui angket dan observasi saat uji coba, kemudian data hasil penelitian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditinjau dari aspek pembelajaran, materi, tampilan, dan aspek pemrograman, kualitas e-learning berbasis moodle yang dikembangkan dikategorikan sangat baik dengan persentase 87,6%. Dengan demikian, dari hasil uji pelaksanaan lapangan yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa e-learning berbasis moodle pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam bagi siswa kelas V SD Negeri Kotagede I, dengan materi “pesawat sederhana” sudah layak digunakan oleh siswa SD Negeri Kotagede I sebagai salah satu sumber belajar baik secara individu maupun kelompok.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 31 Jul 2015 01:25
Last Modified: 30 Jan 2019 01:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24385

Actions (login required)

View Item View Item