PENGEMBANGAN MEDIA SEDERHANA PAPAN FLANEL HIJAIYAH (FLAHIJA) UNTUK MATA PELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN (BTA) KELAS I DI MADRASAH IBTIDA’IYAH

Purwoko, Avinda (2015) PENGEMBANGAN MEDIA SEDERHANA PAPAN FLANEL HIJAIYAH (FLAHIJA) UNTUK MATA PELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN (BTA) KELAS I DI MADRASAH IBTIDA’IYAH. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Avinda Purwoko_08105244027.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media sederhana “papan flahija” yang layak digunakan sebagai media pembelajaran pada pokok bahasan pengenalan huruf hijaiyah untuk mata pelajaran Baca Tulis Al-Qur’an (BTA) kelas I Madrasah Ibtida’iyah (MI). Desain penelitian ini menggunakan jenis penelitian R&D model Borg and Gall yang telah dimodifikasi menjadi sembilan tahap, meliputi studi pendahuluan dan pengumpulan data, perencanaan, mengembangkan produk awal, uji coba lapangan awal, revisi untuk menyusun produk utama, uji coba lapangan utama, revisi untuk menyusun produk oprasional, uji coba produk oprasional dan revisi produk akhir. Subjek penelitian meliputi ahli materi, ahli media dan uji coba awal (3 siswa), uji coba lapangan utama (10 siswa), uji coba lapangan oprasional (30 siswa), melibatkan siswa kelas I Madrasah Ibtida’iyah Muhammadiyah Juwiran, Juwiring, Klaten. Teknik pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner dengan teknik analisis data deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa produk pengembangan media yang dikembangkan telah layak digunakan sebagai media pembelajaran. Hal ini dibuktikan dari pengembangan media sederhana “papan flanel hijaiyah” yang telah dilakukan sudah memenuhi keseluruhan tahapan penelitian R&D model Borg and Gall yang dimodifikasi menjadi sembilan tahapan. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil penilaian ahli materi memperoleh kategori sangat baik (4,50), penilaian ahli media kategori sangat baik (4,75), uji coba lapangan awal kategori sangat baik (100%), uji coba lapangan utama kategori sangat baik (96%), dan uji coba produk oprasional kategori sangat baik (96%).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 31 Jul 2015 01:25
Last Modified: 30 Jan 2019 01:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24383

Actions (login required)

View Item View Item