PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS V SDN 1 SRIBIT DELANGGU KLATEN

Perwiraningtyas, Aulia (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS V SDN 1 SRIBIT DELANGGU KLATEN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Aulia Perwiraningtyas_11105241021.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran IPS siswa kelas V SDN 1 Sribit Delanggu Klaten dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas dengan beberapa tahap, yaitu: penelitian tindakan, rencana tindakan siklus I, pelaksanaan tindakan siklus I, observasi siklus I dan refleksi siklus I. Setelah siklus I selesai lalu dilanjutkan rencana tindakan siklus II, pelaksanaan tindakan siklus II, observasi siklus II dan refleksi siklus II. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 1 Sribit Delanggu yang berjumlah 17 siswa. Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan keaktifan siswa. Penilaian keaktifan siswa pada siklus I mendapatkan rata-rata 33,56 dengan kategori cukup dan pada siklus II dapat meningkat dengan rata-rata 46,83 dalam kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 30 Jul 2015 07:21
Last Modified: 30 Jan 2019 01:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24382

Actions (login required)

View Item View Item