UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA BAGI SISWA KELAS X-A SMA MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA DENGAN STRATEGI HEURISTIK PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER

Nuryani, Dewi (2010) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA BAGI SISWA KELAS X-A SMA MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA DENGAN STRATEGI HEURISTIK PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER. S1 thesis, UNY.

[img] Text
UPAYA_MENINGKATKAN_KEMAMPUAN_MEMECAHKAN_MASALAH_MATEMATIKA_BAGI_SISWA_KELAS_X.doc

Download (22kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan susunan heuristik yang diterapkan untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah matematika dan meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika dengan heuristik di kelas X-A SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru mata pelajaran Matematika kelas X-A SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Penelitian tindakan dilaksanakan dalam dua siklus, dengan siklus 1 terdiri dari dua pertemuan dan siklus 2 terdiri dari satu pertemuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu peneliti, angket, lembar observasi pelaksanaan pembelajaran, lembar observasi hasil pekerjaan siswa, dan tes.Data penelitian diperoleh dari hasil observasi, hasil tes akhir siklus, dan hasil angket. Data yang telah diperoleh, dianalisis secara deskriptif. Diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: (1) Susunan heuristik yang diterapkan untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah matematika, khususnya untuk soal-soal penerapan tentang Sistem Persamaan Linier, adalah : (a) Sebutkan apa saja yang diketahui; (b) Sebutkan apa saja yang ditanyakan; (c) Buatlah permisalan dari hal yang ditanyakan dengan suatu variabel; (d) Buatlah persamaan dari hal-hal yang telah diketahui, menggunakan variabel yang telah ditentukan; (e) Pilihlah salah satu metode (substitusi, eliminasi, atau gabungan substitisi-eliminasi) yang paling sesuai dengan persamaan yang telah terbentuk, hingga menghasilkan nilai dari salah satu variabel; (f) Gunakan hasil yang diperoleh untuk mendapatkan nilai dari variabel yang lain; (g) Periksa kembali jawaban yang telah diperoleh, dengan cara mensubstitusikan ke persamaan yang diketahui; (h) Buatlah kesimpulan dari hasil yang telah diperoleh. (2) Peningkatan presentase nilai rata-rata tes siswa untuk tiap indikator pemecahan masalah, yaitu: (a) Kemampuan memahami masalah meningkat dari 80% menjadi 95,8%, (b) Kemampuan menyusun rencana penyelesaian masalah meningkat dari 69,43% menjadi 74,62%, (c) Kemampuan melaksanakan rencana penyelesaian meningkat dari 62,86% menjadi 67,93%, (d) Kemampuan memeriksa kembali jawaban yang diperoleh, meningkat dari 38, 09% menjadi 45,45%. (3) Nilai rata-rata kelas mengalami peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2, yaitu pada siklus 1 sebesar 6,61 dan pada siklus 2 menjadi 7,36.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor Pendidikan Matematika
Date Deposited: 20 Jul 2012 05:58
Last Modified: 29 Jan 2019 14:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/2434

Actions (login required)

View Item View Item