Mengembangkan Metode Pendeteksian Keberfungsian Butir Pembeda (Differential Item Functioning, DIF) pada Data Politomus Jenis Generalized Partial Credit Model

Kana Hidayati, M.Pd. and Heri, Retnawati (2012) Mengembangkan Metode Pendeteksian Keberfungsian Butir Pembeda (Differential Item Functioning, DIF) pada Data Politomus Jenis Generalized Partial Credit Model. Artikel Penelitian Hibah Bersaing.

[img] Text
Artikel-HeriRetnowati&KanaHidayati_Muatan DIF pada Data Politomus.doc

Download (758kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengaplikasikan metode dan program untuk menganalisis data untuk mengetahui sifat-sifat metode pendeteksian DIF pada GPCM, dan (2) mengevaluasi dan merevisi panduan analisis untuk mendeteksi DIF pada data politomus jenis GPCM. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan (research and development), yang terdiri dari dua tahap. Tahap I (tahun I) merupakan penelitian yang dilakukan secara analitis matematis mencari hubungan berbagai persamaan pada metode pendeteksian DIF dan teori respons butir dengan model penskoran politomus jenis GPCM, menyusun kumpulan sintaks program komputer (software) untuk melakukan analisis DIF pada tes dengan model penskoran politomus jenis GPCM yang disusun dalam draft buku panduan analisis DIF dengan model penskoran GPCM. Pada tahap II, program yang disusun diaplikasikan pada data yang menggunakan model penskoran politomus jenis GPCM, selanjutnya dilakukan revisi program komputer yang disusun dalam buku panduan analisis DIF pada tes dengan model penskoran politomus jenis GPCM. Berdasarkan hasil penelitian tahap II, telah diaplikasikan metode pendeteksian DIF yakni metode luas daerah dan perbandingan probabilitas, dan menguji signifikansinya dengan metode perbandingan likelihood dan metode distribusi sampling empiris. Hasil analisis data TIMSS untuk butir matematika yang berbentuk constructed respons, dapat diperoleh bahwa dengan metode luas daerah, ada 18 dari 19 butir yang signifikan memuat DIF dan dengan metode perbandingan probabilitas, ada 17 dari 19 butir yang signifikan memuat DIF. Sintaks program komputer untuk melakukan analisis yang disusun dalam panduan analisis telah dievaluasi dan direvisi, yakni panduan analisis untuk mendeteksi DIF pada data politomus jenis GPCM.

Item Type: Article
Additional Information: LAPORAN PENELITIAN HIBAH BERSAING (TAHUN II) 2012
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 30 Jul 2015 02:55
Last Modified: 30 Jul 2015 02:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24339

Actions (login required)

View Item View Item