Pengaruh Model Pengajaran Langsung berbantuan Multimedia terhadap Motivasi Belajar dan Pencapaian Kompetensi Pembuatan Desain Busana Siswa di SMK Program Keahlian Tata Busana

Susiana, Ratih (2015) Pengaruh Model Pengajaran Langsung berbantuan Multimedia terhadap Motivasi Belajar dan Pencapaian Kompetensi Pembuatan Desain Busana Siswa di SMK Program Keahlian Tata Busana. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ratih susiana-11702259046.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan (1) motivasi belajar siswa pada kelas eksperimen, (2) motivasi belajar siswa pada kelas kontrol, (3) tingkat pencapaian kompetensi pada kelas eksperimen, (4) tingkat pencapaian kompetensi pada kelas kontrol (5) pendapat siswa tentang penggunaan model pengajaran langsung berbantuan multimedia pada pembuatan desain busana, (6) pengaruh model DI berbantuan multimedia terhadap motivasi belajar siswa, dan (7) pengaruh model DI berbantuan multimedia terhadap pencapaian kompetensi pembuatan desain busana di SMK program keahlian tata busana. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experimental designs. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X program keahlian tata busana SMK Negeri 9 Surakarta dan SMK Negeri 1 Karanganyar. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik sampling purposive. Data diperoleh dengan: (1) tes tertulis dalam bentuk pilihan ganda untuk mengumpulkan data aspek pengetahuan, (2) tes perbuatan untuk mengumpulkan data aspek ketrampilan membuat desain busana, (3) angket, untuk mengumpulkan data tentang motivasi belajar siswa, aspek afektif, dan pendapat siswa tentang penggunaan model DI berbantuan multimedia Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) motivai belajar pada kelas eksperimen yang berkriteria sangat tinggi sejumlah 22 anak (71 %); (2) motivai belajar pada kelas kontrol sejumlah 10 anak (28 %); (3) pencapaian kompetensi untuk kelas eksperimen kategori tuntas sebanyak 26 siswa (84%); (4) pencapaian kompetensi untuk kelas kontrol kategori tuntas sebanyak 12 siswa (33)%; (5) pendapat peserta didik tentang penerapan model DI berbantuan multimedia menunjukkan bahwa 27 siswa (87%) pada kategori sangat senang. (6) terdapat pengaruh penerapan model DI berbantuan multimedia terhadap motivasi belajar pembuatan desain busana antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, yang dibuktikan dengan hasil perhitungan uji t (t-test) dengan t hitung 0,000 < t tabel 0,05, sehingga Ho ditolak dan H_1 diterima, berarti ada perbedaan pengaruh yang signifikan penerapan model pengajaran langsung (direct instruction) berbantuan multimedia terhadap motivasi belajar siswa pada pembuatan desain busana antara kelas eksperimen dan kelas kontrol; (7) terdapat pengaruh penerapan model DI berbantuan multimedia terhadap pencapaian kompetensi pembuatan desain busana antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, yang dibuktikan dengan hasil perhitungan uji t (t-test) dengan t hitung 0,000 < t tabel 0,05, sehingga Ho ditolak dan H_1 diterima, ada perbedaan pengaruh yang signifikan penggunaan model pengajaran langsung (direct instruction) berbantuan multimedia terhadap pencapaian kompetensi pembuatan desain busana antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: model pengajaran langsung, multimedia, motivasi belajar, kompetensi desain busana
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 30 Jul 2015 07:21
Last Modified: 13 Sep 2022 02:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24325

Actions (login required)

View Item View Item