Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar Menggunakan Modul di SMK Negeri 2 Sumbawa

Pebruanti, Lies (2015) Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar Menggunakan Modul di SMK Negeri 2 Sumbawa. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-lies pebruanti-13702251070.pdf
Restricted to Registered users only

Download (20MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pemrograman dasar siswa kelas X program studi Multimedia di SMK Negeri 2 Sumbawa, dan (2) untuk meningkatkan hasil belajar siswa agar tercapainya KKM pada mata pelajaran pemograman dasar siswa kelas X program studi Multimedia di SMK Negeri 2 Sumbawa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart (Perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X program studi Multimedia SMKN 2 Sumbawa, NTB yang berjumlah 34 orang yang melibatkan guru dan seorang observer. Data motivasi dan nilai sikap diambil menggunakan angket. Data keterlaksanaan proses pembelajaran diambil dengan menggunakan lembar observasi. Data nilai pengetahuan dan unjuk kerja diambil menggunakan skala penilaian yang dilengkapi dengan rubrik. Teknik analisis data motivasi dan nilai sikap menggunakan analisis deskriptif kemudian digolongkan kedalam skor baku untuk menentukan motivasi belajar dan nilai sikap dalam kategoti Baik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) pengunaan modul pembelajaran dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, yaitu: pada siklus pertama, kategori Baik sebesar 79,41%, dan Cukup sebesar 20,59%; siklus kedua, pada kategori Baik sebesar 91,18 dan Cukup sebesar 8,82%; siklus ketiga seluruh siswa masuk pada kategori Baik sebesar 100%. (2) penggunaan modul dapat meningkatkan hasil belajar (nilai sikap, nilai pengetahuan dan praktik) yang mencapai nilai KKM, nilai sikap pada siklus pertama sebesar 79,41%, siklus kedua sebesar 82,35%, dan siklus ketiga sebesar 91,18%. Nilai pengetahuan dan praktikum siklus pertama sebesar 67,65%, siklus kedua sebesar 76,47%, dan siklus ketiga sebesar 88,24%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: penelitian tindakan kelas, motivasi belajar,hasil belajar, modul
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 30 Jul 2015 07:21
Last Modified: 08 Sep 2022 03:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24305

Actions (login required)

View Item View Item