PENGARUH MENGAMATI KOSTUM PADA FILMTHE SECRET OF MOONACRE TERHADAP PENCAPAIAN KOMPETENSI PENERAPAN PRINSIP DISAIN BUSANA WANITA SISWA KELAS X DI SMKN 3 PURWOREJO

Ginting, Feby Erika (2015) PENGARUH MENGAMATI KOSTUM PADA FILMTHE SECRET OF MOONACRE TERHADAP PENCAPAIAN KOMPETENSI PENERAPAN PRINSIP DISAIN BUSANA WANITA SISWA KELAS X DI SMKN 3 PURWOREJO. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Feby Erica Ginting 11513241030.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui :1) Pencapaian kompetensi penerapan prinsip disain pada busana wanita sebelum mengamati kostum pada film The Secret of Moonacre siswa kelas X tata busana di SMK N 3 Purworejo, 2) Pencapaian kompetensi kompetensi penerapan prinsip disain pada busana wanita setelah mengamati kostum pada film The Secret of Moonacre siswa kelas X tata busana di SMK N 3 Purworejo, 3) Pengaruh mengamati kostum pada film The Secret of Moonacre terhadap pencapaian kompetensi penerapan prinsip disain pada busana wanita siswa kelas X tata busana di SMK N 3 Purworejo. Desain penelitian ini adalah Pre- Eksperimental Design dengan model penelitian One Group Pre-test Post-test Design. Subyek penelitian adalah kelas X Tata Busana 2 sejumlah 32 siswa yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode dokumentasi dan metode tes yang terdiri dari tes pilihan ganda, penilaian sikap teman sejawat, dan penilaian unjuk kerja. Uji validitas instrument dan uji kelayakan materi menggunakan validitas isi dan validitas konstruk dengan pendapat judgement expert. Uji reliabilitas instrumen untuk tes pilihan ganda dengan rumus KR 20 sebesar 0,910, penilaian sikap dengan rumus alfa cronbach sebesar 0,782, dan penilaian unjuk kerja dengan rumus alfa cronbach yaitu sebesar 0,939. Uji normalitas menggunakan rumus Kolmogorov Sminov dengan nilai sebesar 0,452 pada pre test dan 0,656 pada post test. Uji homogenitas menggunakan uji F diperoleh Fhitung sebesar 0,064. Uji hipotesis menggunakan uji t (test). Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Pencapaiaan kompetensi penerapan prinsip disain pada busana wanita sebelum mengamati kostum pada film The Secret of Moonacre dari 32 siswa yaitu sebanyak 14 siswa belum mencapai KKM sedangkan siswa yang telah mencapai KKM sebanyak 18 orang, 2) Pencapaiaan kompetensi penerapan prinsip disain pada busana wanita setelah mengamati kostum pada film The Secret of Moonacre yaitu sebanyak 32 siswa telah mencapai KKM, 3) Terdapat pengaruh mengamati kostum pada film The Secret of Moonacre terhadap pencapaian kompetensi penerapan prinsip disain pada busana wanita dari hasil perhitungan dengan uji-t diperoleh nilai thitung lebih besar daripada ttabel (thitung 15,936 >ttabel 2,042) dan taraf signifikansi lebih kecil dari 5% (0,000 <0,05). Dari hasil tersebut menunjukan dengan mengamati kostum pada film The Secret of Moonacre mampu memperbaiki pencapaian kompetensi siswa dalam penerapan prinsip disain pada busana wanita Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh mengamati kostum pada film The Secret of Moonacre terhadap pencapaian kompetensi penerapan prinsip disain pada busana wanita siswa kelas X di SMKN 3 Purworejo.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: film , kompetensi, penerapan prinsip disain pada busana wanita
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Tarto Perpustakaan Fakultas Teknik
Date Deposited: 30 Jul 2015 02:25
Last Modified: 04 Mar 2019 06:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24303

Actions (login required)

View Item View Item