Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keefektifan Guru SMK dalam Melaksanakan Pembelajaran Pendekatan Saintifik di DIY

Setiadi, Bayu rahmat (2015) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keefektifan Guru SMK dalam Melaksanakan Pembelajaran Pendekatan Saintifik di DIY. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-bayu rahmat setiadi-13702251012.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) menggambarkan secara empirik masing-masing variabel penelitian yang meliputi: pembelajaran pendekatan saintifik, komunikasi verbal guru, pengelolaan kelas, kreativitas guru, dan keterampilan ICT guru berdasarkan persepsi siswa; (2) menginvestigasi pengaruh langsung komunikasi verbal guru, pengelolaan kelas, dan kreativitas guru terhadap pembelajaran pendekatan saintifik berdasarkan persepsi siswa; (3) menginvestigasi pengaruh langsung komunikasi verbal guru, pengelolaan kelas, dan kreativitas guru terhadap keterampilan ICT guru berdasarkan persepsi siswa; dan (4) menginvestigasi pengaruh tidak langsung komunikasi verbal guru, pengelolaan kelas, dan kreativitas guru melalui keterampilan ICT guru terhadap pembelajaran saintifik berdasarkan persepsi siswa. Penelitian ini menggunakan metode ex-postfacto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan adalah seluruh siswa SMK program keahlian teknik pemesinan di Provinsi DIY dengan jumlah 2.354 siswa. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas X dan XI sebanyak 290 siswa. Teknik sampling yang digunakan yaitu proportional random sampling technique dengan taraf kesalahan 0,05. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data meliputi: analisis deskriptif variabel, pengujian persyaratan hipotesis (uji normalitas, linearitas, dan multikolinearitas data), dan pengujian hipotesis penelitian. Analisis data menggunakan bantuan Software Microsoft Excel, SPSS 18.0, dan Lisrel 8.80. Hasil penelitian menunjukkan: (1) gambaran empirik masing-masing variabel meliputi: kualitas pembelajaran pendekatan saintifik yaitu cukup tinggi (71,28%), kualitas komunikasi verbal guru yaitu tinggi (80,25%), kualitas pengelolaan kelas yaitu cukup tinggi (63,54%), kualitas kreativitas guru yaitu tinggi (75,96 %), dan kualitas keterampilan ICT guru yaitu cukup tinggi (59,25%); (2) terdapat pengaruh langsung dan signifikan antara komunikasi verbal guru, pengelolaan kelas, dan kreativitas guru terhadap pembelajaran pendekatan saintifik; (3) terdapat pengaruh langsung dan signifikan antara komunikasi verbal guru, pengelolaan kelas, dan kreativitas guru terhadap keterampilan ICT guru; dan (4) terdapat pengaruh tidak langsung antara komunikasi verbal guru, pengelolaan kelas, dan kreativitas guru melalui keterampilan ICT guru terhadap pembelajaran pendekatan saintifik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran dengan pendekatan saintifik, komunikasi verbal guru, pengelolaan kelas, kreativitas guru, keterampilan ICT guru
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 30 Jul 2015 07:21
Last Modified: 12 Sep 2022 03:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24297

Actions (login required)

View Item View Item