PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ADOBE FLASH UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MEKANIKA TEKNIK JURUSAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN DI SMK N 1 SEYEGAN

Ahmad Fahrurrozi, Aziz (2015) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ADOBE FLASH UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MEKANIKA TEKNIK JURUSAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN DI SMK N 1 SEYEGAN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Ahmad Fahrurrozi Aziz 10505241033.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ADOBE FLASH UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MEKANIKA TEKNIK JURUSAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN DI SMK N 1 SEYEGAN Oleh: Ahmad Fahrurrozi Aziz NIM 10505241033 ABSTRAK Pengembangan media dalam pembelajaran mekanika teknik khususnya pada materi analisis kontruksi rangka batang bertujuan untuk: (1) menghasilkan media pembelajaran sebagai media pembelajaran mata pelajaran mekanika teknik pada materi analisi kontruksi rangka batang; (2) mengetahui kelayakan produk yang dihasilkan berupa media pembelajaran berbasis Adobe Flash CS5 pada mata pelajaran mekanika teknik; (3) meningkatkan minat belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran berbasis Adobe Flash CS5. Penelitian ini merupakan jenis penelitian R&D (Research & Development). Penelitian menggunakan model penelitian ADDIE, yaitu dengan tahapan: (1) analisis (Analysis); (2) perancangan (Design); (3) pengembangan (Development); (4) penerapan (Implementation); (5) evaluasi (Evaluation). Media pembelajaran divalidasi oleh ahli materi dan ahli media untuk mendapatkan kelayakan ujicoba. Setelah revisi validasi terakhir, produk dinyatakan layak ujicoba. Selanjutnya guru mata pelajaran mekanika teknik melakukan penilaian kualitas media pembelajaran untuk kemudian diujicobakan. Ujicoba dilakukan pada siswa kelas X TGB2 SMK N 1 Seyegan yang berjumlah 25 siswa dan dilakukan evaluasi untuk mengetahui Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) siswa terhadap materi dalam media pembelajaran tersebut. Data yang diperoleh dalam penelitian dianalisis deskriptif untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran dan minat belajar siswa kelas X Teknik Gambar Bangunan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) telah dihasilkan media pembelajaran berbasis Adobe Flash CS5 pada mata pelajaran mekanika teknik dengan penilaian dari beberapa ahli yaitu: (a) ahli materi memberikan penilaian baik (68,18%); (b) ahli media memberikan penilaian baik (65%); (c) guru mata pelajaran memberikan nilai sangat baik (86,84%); (2) implementasi media pembelajaran terhadap siswa mendapatkan respon baik dengan skor 78,4% masuk dalam kategori baik serta penilaian minat belajar belajar siswa mendapat penilaian 80% masuk dalam kategori baik; (3) media pembelajaran yang dikembangkan dapat meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran mekanika teknik terutama materi analisis kontruksi rangka batang dengan didukung penilaian angket minat siswa memperoleh persentase 80% termasuk dalam kategori baik. Kata kunci: adobe flash, media pembelajaran, mekanika teknik, minat belajar siswa

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Tarto Perpustakaan Fakultas Teknik
Date Deposited: 30 Jul 2015 01:46
Last Modified: 30 Jan 2019 01:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24277

Actions (login required)

View Item View Item