Elmawa, Mohammad Faruq (2015) PENGGUNAAN MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) SISWA KELAS IVA SEKOLAH DASAR NEGERI PATALAN BARU TAHUN AJARAN 2014/2015. S1 thesis, PGSD.
|
Text
SKRIPSI MOHAMMAD FARUQ ELMAWA 11108244104.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan multimedia untuk meningkatan prestasi belajar IPS siswa kelas IVA SD N Patalan Baru.. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Action Research). Desain penelitian menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Subyek penelitian adalah siswa kelas IVA berjumlah 24 anak yang terdiri atas 9 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif, dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan multimedia dapat meningkatkan prestasi belajar IPS bagi siswa. Tahap pra tindakan, menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa kelas IVA pada mata pelajaran IPS tergolong rendah. Nilai rata-rata kelas mencapai 52,68 sedangkan ketuntasan belajar sebesar12,50%. Pada siklus I, ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 54,17% (kondisi awal 12,50% meningkat menjadi 66,67%). Pada siklus II, dengan adanya perbaikan dan modifikasi multimedia pembelajaran, disertai manajemen pembentukan kelompok dan pemberian reward, prestasi belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 16,66% (kondisi siklus I 66,67% meningkat menjadi 83,33%). Prestasi belajar pada siklus II telah memenuhi indikator keberhasilan karena dari ≤75% siswa sudah mencapai KKM. Kata Kunci: multimedia, prestasi belajar, IPS
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Ilmu Sosial > Pendidikan IPS Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 30 Jul 2015 07:20 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 01:32 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24253 |
Actions (login required)
View Item |