PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA DIORAMA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA TENTANG EKOSISTEM PADA SISWA KELAS V SD GROGOL BANTUL

Murtiana, Anisykurlillah Ika (2015) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA DIORAMA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA TENTANG EKOSISTEM PADA SISWA KELAS V SD GROGOL BANTUL. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
Anisykurlillah Ika Murtiana_NIM 11108241109.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media diorama terhadap hasil belajar IPA tentang ekosistem pada siswa kelas V SD Grogol Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experimental Type Nonequivalent Control Group Design. Kelompok eksperimen merupakan kelompok yang diberi perlakuan dengan menggunakan media diorama sedangkan kelompok kontrol adalah kelompok yang diberi perlakuan dengan menggunakan media ilustrasi pada buku teks. Penelitian ini adalah populatif dengan jumlah populasi sebanyak 59. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah statistik deskriptif yaitu dengan perhitungan mean. Hasil penelitian ini menunjukkan ada pengaruh penggunaan media diorama terhadap hasil belajar IPA tentang ekosistem pada siswa kelas V SD Grogol Bantul. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan hasil perhitungan mean yang menunjukkan bahwa nilai rata-rata post-test kelompok eksperimen lebih besar dari kelompok kontrol yaitu nilai rata-rata post-test kelompok eksperimen sebesar 8,21 yang berada pada kategori sangat baik dan rata-rata post-test kelompok kontrol sebesar 7,52 yang berada pada kategori baik. Selisih nilai rata-rata post-test kedua kelompok tersebut sebesar 0,69. Kata kunci: media diorama, hasil belajar, IPA

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 30 Jul 2015 07:20
Last Modified: 30 Jan 2019 01:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24237

Actions (login required)

View Item View Item