PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MULTIKULTURAL KELOMPOK TK DI LABSCHOOL RUMAH CITTA YOGYAKARTA

Elvika, Fianasari (2015) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MULTIKULTURAL KELOMPOK TK DI LABSCHOOL RUMAH CITTA YOGYAKARTA. S1 thesis, PG PAUD.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI Elvika Fianasari_12111247005.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran multikultural kelompok TK di Labschool Rumah Citta. Labschool Rumah Citta dipilih karena adanya keberagaman suku, agama, bahasa dan budaya guru dan anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subyek penelitian terdiri dari 6 guru, 27 anak dan 1 kepala sekolah. Objek penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran multikultural kelompok TK di Labschool Rumah Citta. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri menggunakan pedoman observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian meliputi : (1) Kurikulum yang digunakan adalah kurikulum yang dibuat sendiri dan memiliki kekhasan, diantaranya inklusif, berpusat pada anak, multiple intelligence, pendidikan nilai universal, ramah lingkungan hidup, menghormati kearifan lokal, mandiri, kreatif, dan adil gender. Perencanaan pembelajaran disusun dengan memperhatikan perkembangan, latar belakang anak dan melibatkan anak. (2) Kegiatan pembelajaran sesuai dengan karakteristik usia anak TK yaitu memberikan stimulai kelima aspek perkembangan anak dan kegiatan terdiri dari (a) kegiatan pra pembelajaran dilakukan dengan kegiatan transisi dan apersepsi di circle awal. (b) kegiatan inti mengenalkan identitas budaya, ras dan keberagaman yang ada di sekitar dengan pembelajaran yang konkret. (c) kegiatan penutup dilakukan di circle akhir yaitu melakukan review, refleksi, mengevaluasi dan informasi kegiatan berikutnya. (3) Faktor bawaan anak diantaranya agama, bahasa, suku, budaya, kebutuhan, kemampuan dan usia. (4) Bawaan guru diantaranya latar belakang pendidikan, budaya, suku, agama, dan pengalaman hidup. (5) Pedagogi yaitu strategi pembelajaran dan metode. (6) Faktor pendukungnya adalah adanya keberagaman yang ada disekitar diantaranya anak, guru, staff dan orang tua. Faktor penghambatnya adalah guru dan kurikulum secara umum belum memuat multikultural dalam kebijakan kurikulum nasional. Kata kunci: pembelajaran multikultural, multikultural

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 30 Jul 2015 07:21
Last Modified: 30 Jan 2019 01:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24226

Actions (login required)

View Item View Item