PENGARUH TOKEN ECONOMY TERHADAP DISIPLIN ANAK KELOMPOK B DI TAMAN KANAK-KANAK

Fima, Arifatun (2015) PENGARUH TOKEN ECONOMY TERHADAP DISIPLIN ANAK KELOMPOK B DI TAMAN KANAK-KANAK. S1 thesis, PG PAUD.

[img]
Preview
Text
FIMA ARIFATUN 11111244031.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mencari pengaruh token economy terhadap disiplin anak Kelompok B di TK. Subjek penelitian adalah anak Kelompok B TK ABA Kembaran kabupaten Bantul Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian dilaksanakan di TK ABA Kembaran, Kasihan, Bantul. Jenis penelitian ini adalah one-group pretest-postest design. Subjek penelitian diberi perlakuan dengan token economy. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan metode observasi. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan statistik deskriptif dengan membandingkan perhitungan rata-rata skor prates-pascates dan menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan antara disiplin anak sebelum dan setelah memperoleh perlakuan berupa token economy. Hasil perhitungan rata-rata skor prates sebesar 16,47 (71,61%) dan rata-rata skor pascates sebesar 19,23 (83,61%). Hal tersebut menunjukkan adanya perbedaan skor rata-rata prates dan skor rata-rata pascates dengan selisih skor sebesar 2,76. H_a pada penelitian ini adalah skor rata-rata disiplin anak sebelum pemberian treatment berupa token economy tidak sama dengan skor rata-rata disiplin anak setelah pemberian treatment berupa token economy. Jika harga t_hitung>t_(tabel.)berarti H_a diterima. Hasil perhitungan uji-t menunjukkan bahwa

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 30 Jul 2015 07:20
Last Modified: 30 Jan 2019 01:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24222

Actions (login required)

View Item View Item