PERBEDAAN HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN METODE KOOPERATIF TIPE STAD DAN TAI PADA MATA PELAJARAN ELEKTRONIKA DASAR KELAS X TKJ SMK N 1 PLERET

Rifatuliha, Afiana (2015) PERBEDAAN HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN METODE KOOPERATIF TIPE STAD DAN TAI PADA MATA PELAJARAN ELEKTRONIKA DASAR KELAS X TKJ SMK N 1 PLERET. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Rifatuliha Afiana 11520244012.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

PERBEDAAN HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN METODE KOOPERATIF TIPE STAD DAN TAI PADA MATA PELAJARAN ELEKTRONIKA DASAR KELAS X TKJ SMK N 1 PLERET Oleh : Rifatuliha Afiana NIM. 11520244012 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui hasil belajar siswa yang menggunakan metode STAD; (2) mengetahui hasil belajar siswa yang menggunakan metode TAI; (3) mengetahui perbedaan hasil belajar dengan menggunakan metode STAD dan TAI pada mata pelajaran Elektronika Dasar pada siswa kelas X TKJ SMK N 1 Pleret. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan pretest posttest equivalent group design (design kelompok pretes postes). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TKJ semester genap tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 32 setiap kelasnya. Penelitian ini dilakukan dalam 4 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi, tes dan dokumentasi. Uji validitas instrumen dilakukan oleh expert judgement dan untuk soal tes menggunakan analisis butir soal dengan menghitung tingkat kesukaran dan daya beda. Selanjutnya dilakukan uji reliabilitas yang dihitung dengan menggunakan rumus KR-21. Untuk uji prasyarat analisis, uji normalitas dengan menggunakan uji Kolmogorov-Smirnov dan untuk uji homogenitas menggunakan uji Levene. Teknik analisis data untuk pengujian hipotesis menggunakan rumus uji-t polled varians dua sample independen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Hasil belajar siswa yang menggunakan metode STAD rata-rata nilai hasil belajar adalah 75,16; (2) Hasil belajar siswa menggunakan metode TAI adalah 62,66; (3) Terdapat perbedaan hasil belajar antara metode STAD dan TAI. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t polled varians pada nilai postes siswa bahwa thitung yaitu -3,598 lebih kecil dari pada ttabel yaitu -2,2971. Kata Kunci : Student Team Achievement Devision (STAD), Team Assisted Individualization (TAI), Hasil belajar, Elektronika Dasar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Tarto Perpustakaan Fakultas Teknik
Date Deposited: 30 Jul 2015 01:41
Last Modified: 30 Jan 2019 01:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24220

Actions (login required)

View Item View Item