PERBEDAAN KINERJA GURU TAMAN KANAK-KANAK YANG BERSERTIFIKAT DAN TIDAK BERSERTIFIKAT PENDIDIK PROFESIONAL SE-KECAMATAN TURI KABUPATEN SLEMAN

Iis, Indrawati (2015) PERBEDAAN KINERJA GURU TAMAN KANAK-KANAK YANG BERSERTIFIKAT DAN TIDAK BERSERTIFIKAT PENDIDIK PROFESIONAL SE-KECAMATAN TURI KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, PG PAUD.

[img]
Preview
Text
IIS INDRAWATI_10111241028.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kompetensi profesional guru Taman Kanak-kanak yang bersertifikat dan tidak bersertifikat pendidik profesional se-Kecamatan Turi Kabupaten Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian Kausal-Komparatif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah skala dan wawancara tidak terstruktur. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa skala penilaian kinerja guru. Penelitian ini merupakan penelitian populasi dimana populasi dalam penelitian ini adalah guru TK se-Kecamatan Turi. Subyek penelitian yang digunakan berjumlah 65 guru. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Metode pengujian hipotesis menggunakan One Sample t test (Uji-t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara kinerja guru TK yang bersertifikat pendidik profesional dengan kinerja guru TK yang tidak bersertifikat pendidik profesional. Perbedaan tersebut ditunjukkan dengan perhitungan Independent Sample Test, yaitu nilai t-hitung > t-tabel (4,616 > 2,000). Rata-rata skor kinerja guru TK yang sudah bersertifikat pendidik profesional lebih tinggi yaitu 109,74 sedangkan kinerja guru TK yang tidak bersertifikat pendidik profesional mendapat rata-rata skor sebesar 101,19. Artinya kinerja guru Taman Kanak-kanak yang sudah bersertifikat pendidik profesional lebih baik dibandingkan dengan kinerja guru Taman Kanak-kanak yang tidak bersertifikat pendidik pprofesional. Sebagai temuan tambahan dalam penelitian ini, faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja guru dalam penelitian ini adalah faktor personal, faktor kontekstual dan faktor kedisiplinan. Kata kunci: kinerja guru, sertifikat pendidik profesional

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 30 Jul 2015 07:20
Last Modified: 30 Jan 2019 01:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24216

Actions (login required)

View Item View Item