PENGEMBANGAN MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR WAYANG PANDAWA UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA JAWA DI KELAS IV SD WONOSARI IV

Fatimah, Nuri (2015) PENGEMBANGAN MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR WAYANG PANDAWA UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA JAWA DI KELAS IV SD WONOSARI IV. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
NURI FATIMAH_11108241103.pdf

Download (29MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media kartu kata bergambar wayang Pandawa yang layak digunakan untuk pembelajaran bahasa Jawa di kelas IV SD Wonosari IV. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang menggunakan model pengembangan Borg&Gall dengan sembilan tahapan. Tahap pengembangan media yang dilakukan yaitu: 1) penelitian dan pengumpulan informasi, 2) perencanaan produk, 3) mengembangkan produk awal, 4) uji coba lapangan awal, 5) merevisi produk hasil uji coba I, 6) uji coba lapangan utama, 7) merevisi produk hasil uji coba II, 8) uji coba lapangan operasional, dan 9) revisi tahap akhir. Subjek uji coba adalah siswa kelas IV SD Wonosari IV tahun ajaran 2014/2015. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket validasi ahli materi dan media serta angket pengguna. Analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil validasi dan uji coba produk menyatakan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan layak berdasarkan semua aspek yang divalidasi dan diujikan. Validasi materi dilakukan 2 tahap dengan hasil penilan pada tahap I mendapatkan rerata 4,6 sehingga masuk dalam kriteria “sangat baik” dan validasi tahap II mendapatkan rerata 4,8 dengan kriteria “sangat baik”. Validasi materi dilakukan 3 tahap dengan hasil validasi tahap I mendapatkan rerata 3,8 dengan kriteria “baik”, validasi tahap II mendapatkan rerata 4 dengan kriteria “baik” dan validasi tahap III mendapatkan rerata 4,17 dengan kriteria “baik”. Uji coba media dilakukan 3 tahap dengan hasil rerata 4,57; 4,47; dan 4,58 yang semuanya masuk pada kriteria “sangat baik”. Berdasarkan hasil dari uji kelayakan tersebut, media kartu kata bergambar wayang Pandawa yang dikembangkan layak digunakan untuk pembelajaran bahasa Jawa di kelas IV SD Wonosari IV. Kata kunci: pengembangan media, kartu kata bergambar, wayang Pandawa, pembelajaran bahasa Jawa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jawa
Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 30 Jul 2015 07:20
Last Modified: 30 Jan 2019 01:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24214

Actions (login required)

View Item View Item