PENINGKATAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PENDEKATAN PROBLEM SOLVING MELALUI MEDIA PUZZLE MATA PELAJARAN PKN SISWA KELAS VII F SMP NEGERI 2 YOGYAKARTA

Mungarofatul A, Siti (2012) PENINGKATAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PENDEKATAN PROBLEM SOLVING MELALUI MEDIA PUZZLE MATA PELAJARAN PKN SISWA KELAS VII F SMP NEGERI 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
ROFA.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan partisipasi aktif dan hasil belajar siswa kelas VII F di SMP Negeri 2 Yogyakarta dengan menggunakan pendekatan problem solving melalui media puzzle dalam proses belajar mengajar pada mata pelajaran PKn. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek penelitian ini siswa kelas VII F di SMP Negeri 2 Yogyakarta. Kriteria keberhasilan untuk partisipasi aktif tedapat 15 siswa tiap indikator dan untuk hasil belajar apabila nilai yang diperoleh 25 siswa mencapai nilai minimal 70 yakni batas nilai KKM. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Untuk menganalisis data dari hasil lembar observasi partisipasi aktif dan nilai rata-rata kelas mengunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan problem solving melalui media puzzle pada mata pelajaran PKn dapat meningkatkan partisipasi aktif dan hasil belajar siswa. Hal ini terbukti dari hasil observasi peningkatan partisipasi aktif belajar siswa pada siklus II. Pada aspek menyimak penjelasan guru meningkat sebanyak 9 siswa, memperhatikan saat pembelajaran dengan problem solving meningkat sebanyak 9 siswa, memberikan pendapat memecahkan masalah meningkat sebanyak 4 siswa, memberikan tanggapan terhadap pendapat orang/kelompok lain meningkat sebanyak 7 siswa, bertanya pada guru mengenai materi yang dirasa belum jelas meningkat sebanyak 17 siswa, menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru meningkat sebanyak 4 siswa, berantusias dan berpartisipasi aktif dalam diskusi kelompok meningkat sebanyak 3 siswa, berkonsentrasi saat mengerjakan soal/kuis dengan problem solving meningkat sebanyak 3 siswa, tanggung jawab sebagai anggota kelompok meningkat sebanyak 10 siswa, setiap anggota kelompok saling mendukung dan mau bekerja sama meningkat sebanyak 12 siswa. Hal ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan terhadap partisipasi aktif siswa pada mata pelajaran PKn menggunakan pendekatan problem solving melalui media puzzle. Penggunaan pendekatan problem solving melalui media puzzle bahwa telah terjadi peningkatan hasil belajar PKn dari siklus I ada 5 siswa yang hasil belajar belum di atas nilai KKM menjadi semua siswa mencapai nilai di atas KKM pada tahap siklus II. Kata kunci: partisipasi, hasil belajar, problem solving, puzzle

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum
Depositing User: Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS
Date Deposited: 30 Jul 2015 00:24
Last Modified: 30 Jan 2019 01:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24165

Actions (login required)

View Item View Item