PENGARUH PERMAINAN BOLA PANTUL TERHADAP KEMAMPUAN PASSING BAWAH PADA PESERTA EKSTRAKURIKULER BOLAVOLIDI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA INSITUT INDONESIA YOGYAKARTA

Yohanes Aji Nugroho (2015) PENGARUH PERMAINAN BOLA PANTUL TERHADAP KEMAMPUAN PASSING BAWAH PADA PESERTA EKSTRAKURIKULER BOLAVOLIDI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA INSITUT INDONESIA YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Yohanes Aji Nugroho_08601244020.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah masih banyak peserta ekstrakurikuler bolavoli di Sekolah Menengah Pertama Institut Indonesia Yogyakarta yang kurang mampu melaksanakan teknik passing bawah dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh permainan bola pantul terhadap kemampuan passing bawah pada peserta ekstrakurikuler bolavoli di Sekolah Menengah Pertama Institut Indonesia Yogyakarta Metode dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain one-group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta ekstrakurikuler bolavoli di Sekolah Menengah Pertama Institut Indonesia Yogyakarta yang berjumlah 10 peserta. Instrumen penelitian pada penelitian ini diambil dengan instrumen tes kemampuan passing bawah bolavoli dari Brumbach Forearms Pass Wall-Volley Test. Teknik analisis data menggunakan uji t dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Ada pengaruh permainan bola pantul terhadap kemampuan passing bawah pada peserta ekstrakurikuler bolavoli di Sekolah Menengah Pertama Institut Indonesia Yogyakarta Tahun Pelajaran 2014/2015, hal ini dibuktikan dengan nilai p<0,05.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: permainan bola pantul, kemampuan passing bawah
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 29 Jul 2015 07:52
Last Modified: 11 Mar 2019 02:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24153

Actions (login required)

View Item View Item