HUBUNGAN ANTARA TINGKAT KESEGARAN JASMANI DENGAN KEMAMPUAN MOTORIK SISWA KELAS V SD NEGERI TLOGOADI KECAMATAN MLATI KABUPATEN SLEMAN

Anang Awan Gita (2015) HUBUNGAN ANTARA TINGKAT KESEGARAN JASMANI DENGAN KEMAMPUAN MOTORIK SISWA KELAS V SD NEGERI TLOGOADI KECAMATAN MLATI KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSIH.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara tingkat kesegaran jasmani dengan kemampuan motorik pada siswa kelas V di SD N Tlogoadi, Mlati, Sleman. Penelitian ini belum diketahui data tentang baik buruknya tingkat kesegaran jasmani pada siswa dan adanya kesenjangan kemampuan penguasaan gerak pada siswa terlihat dari aktivitas siswa yang secara kasat mata terlihat memiliki kemampuan motorik yang tergolong kurang. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD N Tlogoadi, dengan jumlah siswa 34 yang terdiri atas 15 siswa putra dan 19 siswa putri. Teknik pengumpulan data untuk mengetahui tingkat kesegaran jasmani diukur dengan Tes Kesegaran Jasmani Indonesia (TKJI) umur 10-12 tahun dan kemampuan motorik siswa dengan tes motor ability. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat kesegaran jasmani dengan kemampuan motorik pada siswa kelas V di SD N Tlogoadi, Mlati, Sleman, yang ditunjukkan dengan nilai r hitung lebih besar dari r tabel (0,527>0,339) dan nilai signifikansi sebesar 0,001, yang berarti kurang dari 0,05 (0,001<0,05) dan (2) hasil uji koefisien determinasi (R 2 ) sebesar 0,278; nilai tersebut berarti 27,8% perubahan pada variabel kemampuan motorik dapat diterangkan oleh tingkat kesegaran jasmani, sedangkan sisanya 72,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Tingkat Kesegaran Jasmani, Kemampuan Motorik, Siswa SD Kelas V
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 29 Jul 2015 07:51
Last Modified: 30 Jan 2019 01:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24150

Actions (login required)

View Item View Item