DESKRIPSI PEMBELAJARAN MENULIS CERITA PENDEK PADA SISWA KELAS XI MIA SMA BOPKRI 2 YOGYAKARTA

Peng Ze-Lin, Peng (2015) DESKRIPSI PEMBELAJARAN MENULIS CERITA PENDEK PADA SISWA KELAS XI MIA SMA BOPKRI 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui deskripsi pembelajaran menulis cerita pendek pada siswa kelas XI MIA SMA BOPKRI 2 Yogyakarta, 2) mengetahui kendala yang dihadapi dalam pembelajaran menulis cerita pendek, dan 3) mengetahui cara mengatasi kendala-kendala tersebut. Dalam penelitian ini yang bertindak sebagai subjek adalah guru dan siswa kelas XI MIA SMA BOPKRI 2 Yogyakarta. Objek penelitian secara umum adalah pelaksanaan pembelajaran menulis cerita pendek. Data diperoleh dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan metode deskripsi kualitatif yang meliputi tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menulis cerita pendek pada siswa kelas XI MIA SMA BOPKRI 2 Yogyakarta dilaksanakan berdasarkan Kurikulum 2013, silabus pembelajaran Bahasa Indonesia kelas XI MIA, dan dilaksanakan sesuai RPP Bahasa Indonesia bahan ajar teks cerita pendek. Kendala yang dihadapi dalam pembelajaran menulis cerita pendek berupa 1) rendahnya kompetensi guru dalam menulis cerpen dan guru dalam membimbing siswa menulis cerpen, 2) rendahnya motivasi para siswa dalam mengikuti pembelajaran menulis cerpen, 3) Kurikulum 2013 telah menempatkan materi menulis cerpen dengan alokasi waktu yang tersedia relatif kurang memadahi. Cara mengatasi kendala tersebut adalah 1) para guru diberi pelatihan mengenai proses pembimbingan menulis cerpen sampai mereka memiliki kompetensi dalam membimbing menulis cerpen. 2) disediakan perangkat pembelajaran menulis cerpen yang sudah teruji tingkat efektivitas dan efisiensinya. 3) memberikan motivasi dan pencerahan kepada siswa tentang manfaat memiliki kemampuan menulis cerita pendek dalam kehidupan sehari-hari. 4) perlu peningkatan alokasi waktu pembelajaran menulis cerita pendek dalam kurikulum.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 30 Jul 2015 07:20
Last Modified: 30 Jan 2019 01:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24149

Actions (login required)

View Item View Item