Evaluasi Kinerja Guru SMA dan SMK dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Kurikulum 2013 di Kabupaten Karangasem

Sumariata, I komang (2015) Evaluasi Kinerja Guru SMA dan SMK dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Kurikulum 2013 di Kabupaten Karangasem. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-i-komang-sumariata-13701251013.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki satu tujuan khusus. Tujuannya adalah untuk mendeskripsikan kinerja guru SMA dan SMK dalam pembelajaran Bahasa Indonesia yang berbasis Kurikulum 2013 di Kabupaten Karangasem. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Sampel penelitian adalah 13 orang guru Bahasa Indonesia dari SMA Negeri 1 Amlapura, SMA PGRI 1 Amlapura, SMA Negeri 2 Amlapura, SMK Negeri 1 Kubu dan SMK Negeri 1 Abang. Teknik purposive random sampling digunakan untuk menentukan 926 peserta didik sebagai sumber informasi utama mengenai pelaksanaan pembelajaran. Data penelitian dikumpulkan melalui dokumentasi, observasi, angket atau kuesioner, dan telaah dokumen dengan koefisien validitas dan reliabilitas instrumen lebih besar dari 0,7. Data penelitian ini dianalisis secara statistik deskriptif yaitu dengan menggunakan acuan kriteria untuk dibandingkan dengan nilai rata-rata (mean) sehingga diketahui kecendrungan masing-masing variabel, sekolah dan indikator-indikator dari variabel penelitian. Hasil penelitian ini menemukan bahwa guru SMA dan SMKsecara keseluruhan menunjukkan kinerja yang masuk kategori baik dalam perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan penilaian pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis Kurikulum 2013. Berdasarkan hasil analisis perencanaan pembelajaran diketahui bahwa guru SMA dan SMK secara keseluruhan kurang variatif dalam merencanakan penilaian kompetens sikap serta kurang jelas dalam merencanakan kiriteria penilaian dan tindak lanjut hasil penilaian. Khusus guru yang berasal dari SMA Negeri 1 Amlapura, SMK Negeri 1 Kubu dan SMK Negeri 1 Abang juga kurang variatif dalam merencanakan bentuk penilaian kompetensi keterampilan peserta didik. Hasil analisis pelaksanaan pembelajaran menemukan bahwa guru SMA dan SMK dalam pelaksanaan pembelajaran kurang mengajukan pertanyaan, memberikan kesempatan bertanya dan tanggapan atas pertanyaan siswa, serta kurang dalam memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran. Berdasarkan hasil temuan tersebut disimpulkan bahwa secara umum kinerja guru SMA dan SMK dalam pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis Kurikulum 2013 di Kabupaten Karangasem menunjukkan kinerja yang baik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi kinerja, pembelajaran Bahasa Indonesia, Kurikulum 2013
Subjects: Pendidikan > Aspek Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 29 Jul 2015 07:54
Last Modified: 23 Jun 2022 07:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24142

Actions (login required)

View Item View Item