Pengembangan Perangkat Pembelajaran Lingkaran Berbasis Teori Kecerdasan Majemuk Gardner dan Berorientasi pada Prestasi dan Kemandirian Belajar Matematika Siswa SMP Kelas VIII

Melissa, Margaretha madha (2015) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Lingkaran Berbasis Teori Kecerdasan Majemuk Gardner dan Berorientasi pada Prestasi dan Kemandirian Belajar Matematika Siswa SMP Kelas VIII. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-margaretha-madha-melissa-13709251071.swf

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan perangkat pembelajaran lingkaran berbasis teori kecerdasan majemuk Gardner dan berorientasi pada prestasi dan kemandirian belajar matematika dengan kualitas baik. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan terdiri dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kegiatan Siswa (LKS). Kualitas hasil pengembangan ditentukan berdasarkan kriteria Nieveen yaitu valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Subjek penelitian ini adalah 53 siswa yang berasal dari dua kelas di SMP N 1 Wates, Kabupaten Kulon Progo. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar penilaian guru, lembar penilaian siswa, tes prestasi, dan angket kemandirian belajar matematika. Perangkat pembelajaran dikatakan valid jika hasil penilaian para ahli minimal berkategori “baik”. Perangkat pembelajaran dikatakan praktis jika hasil penilaian guru, hasil penilaian siswa, dan observasi keterlaksanaan pembelajaran, masing-masing minimal berkategori “baik”. Perangkat pembelajaran dikatakan efektif jika persentase banyaknya siswa yang tuntas pada tes prestasi belajar minimal mencapai 80%, total skor angket kemandirian belajar matematika akhir lebih dari total skor angket kemandirian belajar matematika awal, dan minimal 80% siswa berada pada kategori minimal “tinggi”. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran lingkaran berbasis teori kecerdasan majemuk Gardner dan berorientasi pada prestasi dan kemandirian belajar matematika siswa SMP kelas VIII. Hasil validasi menunjukkan bahwa RPP dan LKS yang dikembangkan valid dengan kategori sangat baik. RPP dan LKS yang dikembangkan praktis dan efektif. Kepraktisan mencapai kategori sangat baik berdasarkan penilaian guru, kategori baik berdasarkan penilaian siswa, dan kategori sangat baik berdasarkan hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran. Keefektifan mencapai kategori efektif ditinjau dari prestasi dan kemandirian belajar matematika. Persentase siswa yang tuntas pada tes prestasi belajar matematika adalah 88,86%. Total skor angket kemandirian belajar matematika akhir lebih dari total skor angket kemandirian belajar matematika awal dan persentase siswa yang mencapai kategori minimal tinggi adalah 96%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, perangkat pembelajaran, kecerdasan majemuk Gardner, prestasi, kemandirian belajar matematika
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 29 Jul 2015 07:54
Last Modified: 09 May 2019 02:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24128

Actions (login required)

View Item View Item