Arum Budi Utami, Ratri (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN DI KELAS XI SMK MUHAMADIYAH PAKEM. S1 thesis, UNY.
|
Text
ATUJU.pdf Download (5MB) | Preview |
|
|
Text
NYT.pdf Download (10MB) | Preview |
|
|
Text
PNGTAR.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
SAH.pdf Download (11MB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK .doc Download (30kB) |
||
Text
1. BAB I.doc Download (59kB) |
||
Text
2. BAB II.doc Download (185kB) |
||
Text
3. BAB III.doc Download (513kB) |
||
Text
4. BAB IV.doc Download (610kB) |
||
Text
5. BAB V.doc Download (47kB) |
||
Text
6. DAFTAR PUSTAKA.doc Download (42kB) |
||
Text
Cover Lampiran.doc Download (23kB) |
||
Text
Lampiran 1. Uji Coba Instrumen.doc Download (142kB) |
||
Text
Lampiran 2. Soal Pretest dan Postest.doc Download (74kB) |
||
Text
Lampiran 3. Data Penelitian.doc Download (555kB) |
||
Text
Lampiran 4. RPP Jigsaw.doc Download (78kB) |
||
Text
Lampiran 5. RPP Konvensional.doc Download (72kB) |
||
Text
Lampiran 6. Materi Pembelajaran.doc Download (50kB) |
||
Text
Lampiran 7. Analisis Data Penelitian.doc Download (168kB) |
||
Text
RINGKASAN.docx Download (61kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan prestasi belajar siswa untuk mata pelajaran PKn di kelas XI SMK Muhammadiyah Pakem antara yang diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Desain penelitian yang digunakan adalah Randomized Pre-Test, Post-Test Control Group Desain. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Muhamadiyah Pakem. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan cara random sampling, yaitu dua kelas yang dibagi menjadi kelompok eksperimen (35 siswa) dan kelompok kontrol (33 siswa). Instrumen yang digunakan adalah RPP dan tes evaluasi siswa. Instrumen diuji menggunakan uji validitas dengan rumus korelasi Product Moment dan uji reliabilitas prestasi belajar dengan rumus Kuder Richardson KR-20. Data dianalisis dengan menggunakan uji t dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar siswa kelas XI SMK Muhammadiyah Pakem yang signifikan antara menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional pada mata pelajaran PKn bagi siswa kelas XI SMK Muhammadiyah Pakem. Hal ini ditunjukkan dengan hasil perhitungan antara nilai t-hitung sebesar 6,285 pada derajat bebas 66 lebih besar dari pada nilai t-tabel sebesar 2,000, sedangkan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05). Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Metode Ceramah, Prestasi Belajar.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum |
Depositing User: | Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS |
Date Deposited: | 30 Jul 2015 00:24 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 01:30 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24115 |
Actions (login required)
View Item |