PENGARUH METODE PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) TERHADAP SIKAP DEMOKRATIS DALAM PEMBELAJARAN PKN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 MLATI SLEMAN

Stiati, Eman (2014) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) TERHADAP SIKAP DEMOKRATIS DALAM PEMBELAJARAN PKN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 MLATI SLEMAN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan sikap demokratis antara kelas yang menggunakan metode pembelajaran VCT dengan ceramah dalam mata pelajaran PKn pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Mlati Sleman. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Randomized Control Group Pre-Test Post-Test. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 2 Mlati kelas VIII sebanyak 4 kelas dengan jumlah siswa 124 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan cara sampel acak, yaitu dua kelas yang dibagi menjadi kelompok eksperimen (32 siswa) dan kelompok kontrol (30 siswa). Instrumen yang digunakan adalah angket sikap demokratis. Uji coba validitas instrumen menggunakan rumus korelasi Product Moment, serta uji coba reliabilitas instrumen dengan rumus Alpha’s Cronbac. Analisis data menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan sikap demokratis siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Mlati antara kelas yang menggunakan metode pembelajaran VCT dengan metode ceramah. Perbedaan perhitungan ini dapat dibuktikan dengan perhitungan uji-t yang dilakukan pada skor angket akhir pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil perhitungan uji-t menunjukan bahwa besar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum
Depositing User: Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS
Date Deposited: 30 Jul 2015 00:23
Last Modified: 30 Jan 2019 01:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24107

Actions (login required)

View Item View Item