KONTRIBUSI SISTEM POIN NEGATIVE REINFORCEMENT TERHADAP AFEKTIF DISIPLIN SISWA KELAS III B SD NEGERI GOLO YOGYAKARTA

Karana, Purwatmaja Listiadhi (2015) KONTRIBUSI SISTEM POIN NEGATIVE REINFORCEMENT TERHADAP AFEKTIF DISIPLIN SISWA KELAS III B SD NEGERI GOLO YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
PURWATMAJA LISTIADHI KARANA_11108241015.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar kontribusi sistem poin negative reinforcement terhadap afektif disiplin siswa kelas III B SD Negeri Golo Yogyakarta. Fokus penelitian ini adalah masih kurang disiplinnya siswa siswi kelas III B SD N Golo dan belum diketahuinya kontribusi poin punishment terhadap afektif disiplin siswa kelas III B SD N Golo Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto. Subyek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas III B SD Negeri Golo Yogyakarta yang berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner dan dokumentasi. Metode kuesioner digunakan untuk mengumpulkan data tentang afektif disiplin, sedangkan metode dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data tentang poin negative reinforcement siswa. Tahap prasyarat analisis meliputi uji normalitas dan uji linearitas. Uji hipotesis penelitian ini menggunakan regresi sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan ada kontribusi yang signifikan antara sistem poin reward terhadap afektif disiplin siswa kelas III B SD Negeri Golo Yogyakarta. Hal tersebut ditunjukkan dengan nilai signifikansi (sig) pada hasil penghitungan lebih kecil daripada 0,05, yaitu 0,006 (0,006<0,05). Kontribusi sistem poin negative reinforcement terhadap afektif disiplin siswa sebesar 27,5%. Kata kunci: sistem poin negative reinforcement, afektif disiplin.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Aspek Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 29 Jul 2015 07:50
Last Modified: 30 Jan 2019 01:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24105

Actions (login required)

View Item View Item